Muhammad Affan Caleg Terpilih Dapil II DPRD Kota Yogyakarta Begini Kiprahnya

Jurnalis: Fajar Rianto
Editor: Marno

12 Maret 2024 07:17 12 Mar 2024 07:17

Thumbnail Muhammad Affan Caleg Terpilih Dapil II DPRD Kota Yogyakarta Begini Kiprahnya Watermark Ketik
Bang Affan (baju putih) didampingi salah satu rekannya Bambang Kusminto. (Foto: Fajar Rianto / Ketik.co.id)

KETIK, YOGYAKARTA – Cara para caleg terpilih dalam merayakan keberhasilannya ternyata berbeda satu sama lainnya. Ada yang tidak mau menemui jika didatangi, ada yang menyerahkan tim suksesnya untuk menemui tamu-tamunya.

Ada pula yang berdalih capek dan menghindar saat dicari. Namun berbeda dengan yang dilakukan oleh Muhammad Affan. Setelah dinyatakan sebagai caleg terpilih oleh KPU Kota Yogyakarta dalam Pemilu 2024, wajah baru yang akan masuk lembaga legislatif ini menggelar syukuran bersama timses dan relawannya.

Muhammad Affan merupakan Caleg yang diusung oleh partai Golkar untuk mengikuti kontestasi pemilihan legislatif (Pileg) DPRD Kota Yogyakarta dari Dapil II. Muhammad Affan yang juga ketua DPD Barisan Pemuda Nusantara (Bapera) D I Yogyakarta berhasil mengumpulkan 1.977 suara.


Pencapaian pria berusia 37 tahun tersebut menarik perhatian. Sebab pada periode sebelumnya di Dapil II Kota Yogyakarta yang meliputi wilayah Kemantren (Kapanewon)  Wirobrajan, Ngampilan, Gondomanan dan Pakualaman, tidak ada anggota dewan dari partai berlambang pohon Beringin ini.

Acara syukura yang digelar, Minggu (10/3/2024) di salahsatu restoran di Yogyakarta. Muhammad Affan yang akrab dipanggil Bang Affan didampingi salah satu rekannya Bambang Kusminto menyampaikan perjuangan yang mereka lakukan sudah dirintis sejak 2,5 tahun yang lalu. Sedangkan keberhasilannya tersebut merupakan hasil jerih payah semuanya dan bukan merupakan akhir perjuangan.

"Ini awal dari upaya kita untuk bersama-sama ikut membangun. Disaat Bang Affan berhasil kita tempatkan duduk di kursi Dewan," ujar Bambang.

Menurutnya posisi tersebut sebagai sarana untuk bekerja menggemban aspirasi warga dari dapil 2 untuk lebih sejahtera dan lebih maju lagi. Agar warga masyarakat khususnya dapil II dan warga Kota Yogyakarta pada umumnya.

Sejak 2,5 tahun lalu Bang Affan telah berkiprah terjun di tengah masyarakat tidak hanya di Kota Yogyakarta. Namun juga di wilayah DI Yogyakarta. Karena itu, Bambang mengaku yakin ke depan Bang Affan bisa mengemban kewajibannya sebagai wakil rakyat.

Sementara itu Bang Affan mengapresiasi pada tim dan para koordinator yang mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Ia menekankan ini merupakan awal dari perjuangan besar. Setelah mereka berjuang yang sangat membutuhkan energi.

"Bantu doa dan dukung moril. Ini merupakan kemenangan masyarakat di dapil II. Semoga nantinya kami bisa bersinergi dengan Pemkot Yogyakarta," ujarnya.

Diungkapkan pula, rencananya ke depan dirinya akan membuka 'center' sebagai pusat sarana komunikasi bagi semuanya.

Sedangkan sesepuh partai Golkar Kota Yogyakarta Suhartono mengungkapkan dengan majunya Bang Affan, serta enam orang caleg Golkar dari dapil II,  kini Golkar memiliki wakil di DPRD Kota Yogyakarta.. Namun, untuk perjuangan awal menunggu Bang Affan dilantik kisaran bulan Agustus 2024.

Mantan anggota DPRD Kota 1999 - 2009 ini juga mengingatkan tiga fungsi kedewanan, yakni legal drafting, budgeting dan controlling, (legislasi, anggaran dan pengawasan. Adapun yang tidak disebutkan sebagai tugas utama tetapi sangat penting adalah mengawal aspirasi masyarakat. Berbeda dengan era 90 yang bisa diprioritaskan menyangkut infrastruktur. Mantan Ketua Golkar Kota Yogyakarta ini menegaskan, bukan berarti infrastruktur saat ini tidak butuh."Tetap butuh, khususnya mengenai lingkungan. Contohnya menyangkut pengelolaan sampah," terangnya.

Pesan tersebut merupakan PR pertama bagi Bang Affan bersama 39 anggota dewan lainnya. Suhartono membeberkan pengelolaan sampah merupakan kebutuhan pokok masyarakat kota Yogyakarta. Sampah juga berdampak dalam banyak hal di antaranya meliputi kesehatan, pariwisata dan pendidikan dan hal lainnya.

Foto Bang Affan saat memberikan sambutan pada acara syukuran keberhasilannya duduk di DPRD Kota Yogyakarta. (Foto: Fajar Rianto / Ketik.co.id)Bang Affan saat memberikan sambutan pada acara syukuran keberhasilannya duduk di DPRD Kota Yogyakarta. (Foto: Fajar Rianto / Ketik.co.id)

"Perjuangan yang dilakukan relawan dan koordinator sebelumnya bukan semata-mata untuk Bang Affan. Namun juga untuk masyarakat. Karena kebijakan yang dilakukan oleh anggota dewan juga ditujukan bagi masyarakat Kota Yogyakarta," jelasnya

Untuk itu ia menyampaikan turut mengawal kebijakan yang akan disampaikan Bang Affan selama 5 tahun ke depan. Selain mengucapkan selamat, Suhartono juga berucap semoga amanah dan menjadi barokah bagi masyarakat Yogyakarta di 14 kecamatan, 45 kelurahan, 616 RW dan sebanyak 2.532 RT.

Ia menekankan, walaupun Bang Affan mewakili Dapil II, tetapi harus bisa berpikir bagi seluruh masyarakat Yogyakarta."Pasti berdampak, karena kalau sudah biasa berbuat baik kepada siapapun maka masyarakat pasti juga akan tahu," pesan Suhartono menutup sambutannya.

Perlu diketahui pada saat sosialisasi Bang Affan menyampaikan program pemerataan pembangunan dan penerangan khususnya di wilayah dapil 2 dan Kota Yogyakarta pada umumnya.

Meski masa kecil hingga remajanya banyak dihabiskan berkegiatan di wilayah Kauman Yogyakarta. Namun nama Bang Affan banyak dikenal di Kota Yogyakarta terutama bagi kalangan anak muda.

Sejak lama ia aktif mengurus sejumlah komunitas dan organisasi kepemudaan. Contohnya, saat Covid-19 merebak anak pertama dari Abdul Hakim Purnawirawan Marinir ini menghimpun dan menggerakkan rekan-rekannya untuk turut membantu masyarakat yang terdampak.

Begitupun saat dipercaya jadi Ketua DPD Bapera DIY beberapa waktu lalu, Muhammad Affan semakin menunjukkan kepeduliannya pada masyarakat. Salah satunya Organisasi masyarakat (Ormas) Barisan Pemuda Nusantara (Bapera) DIY yang dikomadoi Muhammad Affan.

Organisasi ini menjalin kerja sama denganYoung Lawyers Committe (YLC) Peradi Kota Yogyakarta untuk turut mengatasi fenomena maraknya Klitih. Mereka terjun langsung memberikan edukasi hukum, sosial maupun kemasyarakatan menyangkut persoalan 'klitih' atau kejahatan jalanan. (*)

Tags:

Tokoh muda DPRD Kota Yogyakarta KPU Kota Yogyakarta Dapil II pileg pemilu 2024 Pemkot Yogyakarta Muhammad Affan Bang Affan