Naik Vespa, Cak Nur Daftar Bacawali Kota Batu ke DPC PKB

Jurnalis: Sholeh
Editor: Mustopa

21 Juni 2024 10:50 21 Jun 2024 10:50

Thumbnail Naik Vespa, Cak Nur Daftar Bacawali Kota Batu ke DPC PKB Watermark Ketik
Cak Nur mengendarai Vespa saat daftar Bacawali ke DPC PKB Kota Batu, Jumat (21/6/2024). (Foto: Sholeh/Ketik.co.id)

KETIK, BATU – Ketua DPC PKB Kota Batu Nurochman resmi mendaftarkan diri sebagai Bakal Calon Wali (Bacawali) Kota Batu pada Pilkada 2024, Jumat (21/6/2024).

Dengan menaiki sepeda motor vespa, Nurochman alias Cak Nur mendaftar ke Desk Pilkada PKB Kota Batu di Jalan Samadi.

Cak Nur didampingi istri, pengurus dan kader DPC PKB Kota Batu dan relawan yang semua menaiki Vespa. Mereka menuju kantor DPC PKB secara beriringan dari rumah Cak Nur di Desa Sumberejo Kecamatan Kota Batu.

"Saya sampaikan bahwa pada hari ini Jumat tanggal 21 Juni 2024 saya resmi mendaftarkan sebagai bakal calon kepala daerah dari PKB," katanya.

Cak Nur sengaja memilih tanggal 21 Juni untuk mendaftar karena tanggal itu bertepatan dengan ditetapkannya Undang-Undang 11 tahun 2001 tentang Pembentukan Kota Batu.

Menurutnya, momentum itu untuk mengingatkan masyarakat bahwa pemerintahan Kota Batu lahir didasari oleh undang-undang tersebut.

"Bahwa tanggal 21 Juni itu adalah tanggal tidak populer karena tidak pernah diekspos bahwa ini adalah landasan berdirinya pemerintahan Kota Batu. Selain itu, proklamator kita Bung Karno, haul yang ke-54 ya persis tanggal 21 Juni," jelasnya.

Dikatakannya, UU No 11 Tahun 2001 diberlakukan pada masa pemerintahan Presiden Gus Dur. Cak Nur menilai, baik Gus Dur maupun Bung Karno adalah sosok negarawan. 

Mereka tidak sekadar berpikir tentang dirinya atau partainya, tetapi lebih banyak memikirkan bagaimana negara bisa bertahan selamanya.

"Ini menjadi inspirasi dan sangat-sangat menjadi kekuatan spiritual saya untuk mendaftarkan diri pada tanggal 21 Juni ini," tegasnya.

Foto Cak nur menyerahkan berkas pendaftaran ke Desk Pilkada PKB Kota Batu, Jum'at (21/6/2024).(Foto: Sholeh/Ketik.co.id)Cak Nur menyerahkan berkas pendaftaran ke Desk Pilkada PKB Kota Batu, Jumat (21/6/2024).(Foto: Sholeh/Ketik.co.id)

Sementara, Ketua Desk Pilkada PKB Kota Batu Asep Ghozi Sulaiman menyampaikan bahwa berkas pendaftaran Cak Nur telah lengkap. Selanjutnya, Cak Nur akan menjalani Uji Kompetensi dan Kelayakan yang digelar DPP PKB.

"Setelah berkas kami terima dan insyaallah setelah saya teliti tadi berkas yang disampaikan oleh Pak Nurochman kami nyatakan lengkap dan diterima," ujarnya.

Menurut Asep, Cak Nur adalah sosok yang tepat untuk menjadi pemimpin masa depan Kota Batu. Karena Cak Nur telah menjabat sebagai Ketua DPC PKB Kota Batu selama tiga periode. Bahkan, Cak Nur telah membawa PKB sebagai pemenang Pemilu Legislatif 2024.

"Beliau sebagai kader terbaik dan putra daerah kota Batu yang sangat layak maju sebagai pemimpin Kota Batu," ulasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu DPC PKB Kota Batu Nurochman Cak Nur Pilkada 2024