Nikon Tonjolkan Kecerdasan Alami untuk Memerangi AI

Jurnalis: Arief
Editor: Marno

20 Juni 2023 19:14 20 Jun 2023 19:14

Thumbnail Nikon Tonjolkan Kecerdasan Alami untuk Memerangi AI Watermark Ketik
Hasil bidikan Nikon yang mengandalkan kehebatan fotografer. (Foto: Nikon Peru via Peta Pixel)

KETIK, JAKARTA – Artificial Intelligence (AI) atau kecerdeasan buatan telah digunakan industri di dunia untuk menciptakan desain visual. Namun kampanye ini dibendung Nikon yang justru menciptakan kecerdasan alami atau natural intelligence.

Saat ini AI mampu menghasilkan gambar fotorealistik hanya dengan perintah teks sederhana. Sepertinya cara ini kurang disukai Nikon. Raksasa fotografi asal Jepang itu justru sebaliknya.

Nikon ingin mengingatkan semua orang bahwa dunia nyata penuh dengan pemandangan luar biasa yang bisa ditangkap dengan kamera, tanpa harusmenggunakan AI.

Itu sebabnya Nikon Peru menggandeng biro iklan Circus Grey di negara setempat, dalam kampanye iklan “Kecerdasan Alami”.

“Kita hidup di zaman Kecerdasan Buatan,” kata Nikon Peru dalam video berdurasi 2 menit sebagaimana dikutip dari Little Black Book melalui Peta Pixel.

“Di seluruh dunia, jutaan orang terobsesi membuat gambar surealis luar biasa dari apa pun, hanya dengan memasukkan beberapa kata kunci,” lanjut pernyataan Nikon.

Video tersebut juga dibarengi dengan beberapa unggahan foto-foto yang menakjubkan. Foto-foto tersebut ditengarai hasil bidikan fotografe yang dipersenjatai Nikon.

Setiap foto dalam kampanye iklan disertai dengan kalimat lucu yang menunjukkan jenis prompt aneh. Hal ini untuk diduga agar generator gambar AI menghasilkan sesuatu yang serupa.

AI telah dituding melakukan kerusakan pada fotografer dan industri fotografi. Tudingan seolah-olah mewakili perusahaan fotografi seperti Nikon, Canon, Kodak, dan lainnya. Sebab gambar yang dihasilkan jauh lebih murah dan lebih cepat diproduksi, secara artifisial.

Iklan kampanye yang disampaikan Nikon adalah bentuk pembelaan kepada fotografer dan karya yang dihasilkan seniman foto.

“Nikon memiliki komitmen kepada semua fotografer di dunia dengan bakat dan senimasing-masing. Ini memungkinkan kami untuk menikmati gambar paling indah dan menakjubkan,” kata CCO Circus Grey Peru, Charlie Tolmos kepada Little Black Book.

Nikon Peru menyebarkan gambar ‘Kecerdasan Alami’ dengna mencetak di beberapa majalah maupun papan reklame raksasa. (*)

Tombol Google News

Tags:

fotografi Nikon Kecerdasan Buatan kamera teknologi digital