PAN Protes Lagi Dugaan Penyusutan Suaranya dan Pertambahan Suara Demokrat di Pleno KPU Sidoarjo

Editor: Fathur Roziq

2 Maret 2024 11:42 2 Mar 2024 11:42

Thumbnail PAN Protes Lagi Dugaan Penyusutan Suaranya dan Pertambahan Suara Demokrat di Pleno KPU Sidoarjo Watermark Ketik
Suasana rapat pleno rekapitulasi suara hasil Pemilu 2024 di Kecamatan Candi pada Sabtu (2/3/2024) di KPU Sidoarjo. (Foto: Fathur Roziq/Ketik.co.id)

KETIK, SIDOARJO – Protes PAN terhadap rekapitulasi suara hasil Pemilu 2024 terus berlanjut. Setelah memprotes hasil hitungan suara di Kecamatan Porong, PAN mengomplain lagi hitungan suara di Kecamatan Candi. Rapat pleno pun diskors pada sekitar pukul 17.45, Sabtu (2/3/2024).

Protes PAN tersebut disampaikan Ketua Badan Pengawas Pemilu atau Bawaslu Sidoarjo Agung Nugraha. Agung Nugraha menyatakan Bawaslu Sidoarjo menerima pengaduan resmi dari DPD PAN Sidoarjo. Laporan itu menyebutkan, ada tiga TPS yang diduga mengalami pergeseran suara terkait caleg DPRD Jatim. Pergeseran itu berupa pengurangan suara PAN dan penambahan suara Demokrat. 

Tiga TPS itu ialah TPS 16 Desa Durungbedug, Kecamatan Candi. Suara PAN turun dari 47 menjadi 37 di C plano hasil ke D hasil. Artinya, suara PAN susut 10. 

Begitu pula hasil di TPS 8 Desa Gelam, Kecamatan Candi. Suara PAN susut dari 97 menjadi 87. Di sisi lain, suara Demokrat malah naik dari 7 menjadi 17 suara. 

Hal serupa terjadi di TPS 11 Desa Keboncandi, Kecamatan Candi. Suara PAN disebut berkurang dari 56 menjadi 46 suara. Di sisi lain, suara Demokrat malah naik dari 8 menjadi 16 suara. 

"Bersama ini kami sampaikan penggelembungan suara di beberapa TPS di Kabupaten Sidoarjo. Yaitu, bertambahnya suara Partai Demokrat disertai penurunan suara PAN dalam satu TPS." Begitu, antara lain, isi surat pengaduan Caleg DPRD Provinsi Jatim Khulaim Junaidi yang disampaikan ke Bawaslu Sidoarjo. 

Ketua Bawaslu Sidoarjo Agung Nugraha menyatakan permintaan untuk menunda kelanjutan pembacaan rekapitulasi suara Caleg Provinsi Jatim di kantor KPU Sidoarjo itu ditunda dulu. Pembahasan data caleg DPRD Jatim ini akan dilakukan tersendiri dengan membuka plano. 

Ketua KPU Sidoarjo M. Iskak pun menanyakan kepada forum apakah rekapitulasi dihentikan sementara. Seperti permintaan Bawaslu Sidoarjo. Lebih-lebih, data tentang daftar pemilih tetap (DPT) di Kecamatan Candi belum disiapkan oleh PPK setempat. Perubahan DPT belum dicetak dan dibagikan kepada peserta. Akhirnya, rapat pleno rekapitulasi suara hasil Pemilu 2024 untuk Kecamatan Candi dihentikan sementara. Pleno dilanjutkan lagi Sabtu pukul 19.00. (*) 

 

 

Tombol Google News

Tags:

pemilu2024 PAN Sidoarjo Bawaslu Sidoarjo Demokrat KPU Sidoarjo Khulaim Junaidi