Patung Bung Karno Sudah Berdiri Gagah di Kabupaten Malang

Jurnalis: Gumilang
Editor: Muhammad Faizin

20 Desember 2023 13:00 20 Des 2023 13:00

Thumbnail Patung Bung Karno Sudah Berdiri Gagah di Kabupaten Malang Watermark Ketik
Para pekerja ketika mengerjakan pendirian Patung Bung Karno di Jalan Soekarno Jalibar Kabupaten Malang. (Foto: Gumilang/ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Ada pemandangan baru dan berbeda ketika melewati Jalan Soekarno, Jalibar, Kabupaten Malang. Terpantau Patung Bung Karno berdiri gagah di tempat tersebut, Rabu, (20/12/2023).

Patung dengan ketinggian kurang lebih lima meter ini dinaikkan menggunakan alat berat mobil crane. Sedangkan di bawah patung terdapat pondasi berukuran cukup besar.

Patung Bung Karno diketahui berbahan logam perunggu. Tangan kanan patung Bung Karno menunjuk ke depan, sedangkan tangan kirinya membawa tongkat komando.

Tampak para pekerja sedang sibuk melakukan pengerjaan pendirian patung sang Proklamator tersebut. Sebenarnya, di tempat ini sudah berdiri monumen Adipura.

Tapi, keberadaan monumen Adipura sekarang sudah dipindahkan di dekat Jembatan Metro, Kepanjen. Patung Bung Karno berdiri di area taman di Jalan Soekarno, Jalibar, Kabupaten Malang.

Mulai berdirinya Patung Bung Karno ini mendapat perhatian dari masyarakat dan pengendara yang lewat di tempat tersebut. "Cukup menarik ya, ada sesuatu yang baru ketika melintas di sini," kata salah seorang warga bernama Rohman.

Sebenarnya, pembangunan Patung Bung Karno ini sudah diketahui ketika Ketua DPR RI Puan Maharani meresmikan Jalan Soekarno di Jalibar Kabupaten Malang pada 20 Desember tahun 2021 silam.

Saat itu, Wabup Malang Didik Gatot Subroto menyampaikan akan dibangun Patung Bung Karno di tempat tersebut. "Sudah kami siapkan (Pembangunan patung Bung Karno dan Taman Bung Karno) di jalan ini," ujar Didik kala itu.

Ia menyampaikan, penamaan Jalan Soekarno dan sekaligus dibangun Patung Bung Karno di tempat tersebut, sebagai upaya Pemkab Malang meningkatkan rasa nasionalisme kepada masyarakat khususnya milenial.

Tombol Google News

Tags:

Patung Bung Karno Jalan Soekarno Jalibar Kabupaten Malang sang Proklamator