Pekan Imunisasi Nasional Polio di Kota Batu Sasar 24.677 Anak

Jurnalis: Sholeh
Editor: Gumilang

15 Januari 2024 11:00 15 Jan 2024 11:00

Thumbnail Pekan Imunisasi Nasional Polio di Kota Batu Sasar 24.677 Anak Watermark Ketik
Anak anak mengikuti imunisasi polio di Posyandu Songgokerto Kecamatan Batu Kota Batu, Senin (15/1/2024). (Foto: Sholeh/ketik.co.id)

KETIK, BATU – Pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional Polio dimulai hari ini Senin, (15/1/2024). Sebanyak 24.677 anak di Kota Batu mulai ditargetkan mendapatkan imunisasi polio dalam Pekan Imunisasi Nasional tersebut.

Pekan imunisasi bagi anak usia 0 sampai 8 tahun kurang 1 hari tersebut ditandai oleh peluncuran di Posyandu Dahlia Kelurahan Dadaprejo, Kecamatan Junrejo oleh plt Kepala Dinas Kesehatan Aditya Prasaja bersama Camat Junrejo Dian Saraswati.

Kemudian, Imunisasi polio juga dilakukan di Posyandu Teratai Songgokerto, Posyandu Flamboyan, dan TK/SD Al Irsyad di Kecamatan Batu Serta dilakukan di sekolah sekolah dasar di Kota Batu.

"Launching ini dilakukan dengan memberikan imunisasi polio yang diteteskan kepada salah satu anak di Posyandu Dahlia. di Posyandu ini sebanyak 83 anak kita berikan imunisasi polio,” kata Koordinator Pencegahan, Pengendalian Penyakit dan Penanganan Bencana, Dinas Kesehatan Kota Batu, dr Susana Indahwati.

Susan mengemukakan, Pekan Imunisasi Nasional berlangsung dalam dua gelombang. Untuk gelombang pertama pada 15-21 Januari 2024. Kemudian, gelombang kedua dimulai pada 19-25 Februari 2024. 

"Imunisasi ini bisa didapatkan di puskesmas, posyandu, PAUD, TK, SD/MI, dengan menyiagakan sebanyak 292 pos," ujarnya.

Menurut Susan, Dinas Kesehatan Kota Batu mengajak masyarakat juga berperan aktifitas untuk menanggulangi dan memutus penularan virus polio. Yaitu dengan memastikan anak-anak memperoleh imunisasi rutin polio lengkap sesuai usia. yakni sebelum anak berusia 1 tahun, harus mendapatkan 4 kali polio tetes dan 2 kali polio suntik, 

"Imunisasi ini diberikan untuk meningkatkan kekebalan tubuh anak. Salah satunya pemberian vaksinasi agar anak tidak terkena lumpuh layu akut. Karena hingga sekarang polio belum ada obatnya," terangnya. (*)

 

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu Pekan Imunisasi Nasional imunisasi Polio