Pemda Pasaman Barat Bangun Jembatan Menuju Pantai Sikabau

Jurnalis: Wawan Saputra
Editor: Muhammad Faizin

17 September 2024 20:30 17 Sep 2024 20:30

Thumbnail Pemda Pasaman Barat Bangun Jembatan Menuju Pantai Sikabau Watermark Ketik
Proyek pengerjaan jembatan Banjar Kapar - Sikabau .(Wawan/ketik.co.id)

KETIK, PASAMAN BARAT – Pemerintah Daerah Pasaman Barat menggelontorkan Rp1,9 Miliar lebih untuk pembangunan 1 unit jembatan menuju kawasan pantai Sikabau di kejorongan Sikabau, Nagari Ranah Koto Tinggi, Kecamatan Koto Balingka Pasaman Barat.

"Jembatan Composite Range (jembatan berbahan baja komposit) yang  dibangun sepanjang 12 meter itu nantinya akan menggunakan pondasi sumuran box dan pengaman Sheet Pile," jelas Geovani Diky Saputra, Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) proyek jembatan Sikabau kepada ketik.co.id pada Selasa, 17 September 2024.

Ia menjelaskan, pihaknya menarget pengerjaan jembatan rampung dalam 5 bulan. Menurutnya, anggaran untuk pembuatan jembatan tergolong minim, mengingat harga pasaran per meter untuk jembatan sejenis dibanderol Rp 100-150 juta.

 

Foto Progres pembangunan jembatan Banjar Kapar-Sikabau (foto. Wawan/ketik.co.id)Progres pembangunan jembatan Banjar Kapar-Sikabau (foto. Wawan/ketik.co.id)

 

Dikatakan, dalam masa pengerjaan proyek, jalur transportasi warga sementara akan dialihkan ke jalur lain, melewati perkebunan PT BPP.

Dihubungi terpisah, Camat Koto Balingka Makmur Hidayat berharap proyek tersebut dapat diselesaikan tepat waktu.

Ia mengatakan, dengan tersedianya jembatan yang layak, kondisi perekonomian masyarakat kejorongan Sikabau nantinya akan semakin membaik.

"Harapan kita dengan di bangunnya jembatan Jalan Lintas Banjar Kapar - Sikabau dapat mempermudah akses masyarakat untuk melewati Jalan yang sebelumnya menggunakan jembatan darurat," kata Makmur.

Ia menyebut keberadaan jembatan tersebut nantinya akan memperlancar keluar masuk hasil pertanian, perikanan, serta menarik minat wisatawan yang pada akhirnya meningkatkan perekonomian masyarakat kejorongan Sikabau.

Sementara itu, ketua DPRD Pasaman Barat periode 2024-2029, Dirwansyah mengatakan, pihaknya akan mengusahakan pembangunan akses jalan menuju pantai Sikabau pada 2025.

Selain membangun akses jalan, Dirwansyah yang juga merupakan putra asli Sikabau itu akan membangun membangun fasilitas tambahan untuk menjadikan Sikabau sebagai  tujuan rekreasi yang layak diperhitungkan.

"Kita berkomitmen  mendorong pemerintah  untuk terus mengembangkan sektor pariwisata. Karena, sektor pariwisata yang meningkat akan berdampak besar terhadap perekonomian daerah dan masyarakat," ujarnya. (*) 

Tombol Google News

Tags:

Pasaman Barat Jorong Sikabau Jembatan Sikabau