Pengamat Politik: KH Marzuki Persaing Kuat Khofifah di Pilgub Jatim 2024

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: Marno

25 Juni 2024 23:40 25 Jun 2024 23:40

Thumbnail Pengamat Politik: KH Marzuki Persaing Kuat Khofifah di Pilgub Jatim 2024 Watermark Ketik
Peneliti Surabaya Survey Center (SSC) Surokim Abdussalam, Senin (24/6/2024). (Foto: Dokumen Pribadi for Ketik)

KETIK, SURABAYA – KH Marzuki Mustamar yang akan diusung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) melawan pasangan Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak. Kehadiran Marzuki Mustamar akan menjadi pesaing sepadan dengan petahana di Pilgub Jatim 2024.

"Sosok KH Marzuki Mustamar ini sangat kuat jika memang harus bersaing dengan Khofifah di Pilgub Jatim 2024, keduanya sangat kuat di basis Nahdlatul Ulama (NU)," ucap Peneliti Surabaya Survey Center (SSC) Surokim Abdussalam, Senin (24/6/2024).

Sosok KH Marzuki yang masuk dalam NU struktural menjadi salah satu sosok yang memang dikenal oleh masyarakat Nahdlyin. "Ditambah sosok KH Marzuki pernah menjadi ketua PWNU Jatim yang membuat sosoknya sangat kuat di Jawa Timur," ucap Surokim.

Surokim menjelaskan persaingan terkuat untuk meraih simpati warga Nahdliyin dalam Pilgub Jatim. "Sosok KH Marzuki ini memang sangat kuat dan terdekat dengan NU PKB dan Khofifah sangat kuat di grass root NUnya," ucap Surokim.

Jika ingin maju sebagai penantang Khofifah, PKB harus membuka koalisi di Pilgub Jatim. Salah satu partai yang belum mengeluarkan rekom adalah PDI Perjuangan. "Sosok ini yang harus kuat dalam pemerintahan sehingga keduanya sangat diperhitungkan," jelasnya.

Surokim mengatakan PKB menjadi momentum untuk memajukan calon gubernur Jatim sendiri. "Karena memang sebagai partai pemenang PKB memiliki hak untuk ajukan calon sendiri," ucapnya.

Surokim menilai sosok KH Marzuki sudah sangat dekat dengan PKB dan Muhaimin Iskhandar. "Jadi tidak heran PKB menunjuk KH Marzuki Mustamar untuk menjadi pesaing Khofifah," bebernya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Pilgub Jatim 2024 KH Marzuki Mustamar pkb Jawa timur   pengamat politik