Percepat Perluasan Digitalisasi Daerah, Pemkot Pagaralam Gandeng Bank Indonesia Regional Sumsel

Jurnalis: Almi Raisyah
Editor: M. Rifat

9 September 2023 23:16 9 Sep 2023 23:16

Thumbnail Percepat Perluasan Digitalisasi Daerah, Pemkot Pagaralam Gandeng Bank Indonesia Regional Sumsel Watermark Ketik
kunjungan Kepala Tim KWBI Regional Sumsel ke Pemkot Pagaralam (9/9/2023) (Foto: Al/Ketik.co.id)

KETIK, PAGAR ALAM – Pemerintah Kota Pagaralam menerima kunjungan Kepala Tim Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KWBI) Regional Sumsel Eva Ariesty beserta rombongan, Sabtu (9/9/2023). Kegiatan ini sekaligus membuka secara resmi High Level Meeting Tim Percepatan Perluasan dan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Kota Pagaralam Tahun 2023 di Ruang Rapat Besemah I Kantor Wali Kota.

Keberadaan Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) merupakan upaya berkelanjutan dalam percepatan dan peluasan digitalisasi daerah dan elektronifikasi transaksi Pemerintah Daerah (Pemda).

Sehingga diharapkan mampu mendukung sekaligus mendorong inovasi percepatan dan perluasan elektronifikasi transaksi, pengintegrasian ekonomi serta keuangan digital di Kota Pagaralam.

“TP2DD merupakan wadah sinergi dan kolaborasi antar instansi dan stakeholder dalam rangka peningkatan pelayanan publik, serta optimalisasi transaksi belanja dan pendapatan daerah secara non tunai berbasis digital,” ujar Wali Kota Alpian Maskoni  Sabtu (9/9/2023).

“Dengan kemudahan pembayaran ini diharapkan meningkatkan akuntabilitas transparansi pengelolaan keuangan daerah yang akan bermuara pada peningkatan PAD dan stabilitas fiskal daerah,” pungkasnya.

Kepala Tim KWBI Regional Sumsel Eva Ariesty dalam paparannya menambahkan, Elektronifikasi transaksi Pemda bisa menjadi salah satu jalan membantu mengoptimalkan penerimaan pajak dan retribusi sehingga fiskal daerah dapat lebih mandiri.

“Dari kami sendiri, berbagai studi telah kami lakukan terkait digitalisasi ini dapat membantu meningkatkan penerimaan negara maupun daerah. Analisis empiris yang telah dilakukan menunjukkan bahwa pemda dengan transaksi digital, utamanya pemanfaatan Qris terbesar memiliki kemandirian daerah dalam pertumbuhan pajak yang lebih baik,” jelasnya. (*)

Tags:

kunjungan kerja badan keuangam sumsel Pemerintah Kota pagar alam