Perkuat Sinergi dengan DUDI, Double Track Tata Boga Smansaba Jalani Magang Kerja

Kontributor: Akhirul Ariyanto
Editor: Mustopa

17 September 2024 12:46 17 Sep 2024 12:46

Thumbnail Perkuat Sinergi dengan DUDI, Double Track Tata Boga Smansaba Jalani Magang Kerja Watermark Ketik
Siswi Smansaba magang di CV Yason Creative Management (Foto: Akhirul Ariyanto/Ketik.co.id)

KETIK, SITUBONDO – Ada yang berbeda dari aktivitas harian Anggun dan Nurjannah sejak beberapa minggu lalu. Biasanya, peserta Double Track SMAN 1 Banyuputih (Smansaba) itu berangkat ke sekolah pada pagi hari. 

Mulai 2 September 2024, mereka menuju Kedai Wong’s Chicken dari pagi hingga sore hari. Ya, mereka adalah 2 siswa yang lolos seleksi Program Magang Kerja Double Track Tahun 2024.

Tahun ini, Smansaba menjalin kerjasama dengan CV Yason Creative Management, firma usaha yang menaungi tempat magang Anggun dan Nurjannah. 

"Kami berupaya untuk mencetak tenaga tata boga terampil, baik untuk memenuhi tenaga kerja di industri, maupun tampil sebagai wirausahawan mandiri," ujar Irpan Hilmi, Kepala SMAN 1 Banyuputih. 

Sekolah yang terletak di ujung timur Kabupaten Situbondo ini mengirimkan beberapa siswa-siswi terbaik peserta Double Track untuk menimba ilmu di dunia usaha/dunia industri (DUDI).

Melalui program ini, sekolah berharap adanya kesinambungan sekaligus penguatan sinergi antara pola pelatihan keterampilan tata boga di sekolah dengan kebutuhan dunia industri. 

“Peserta pelatihan tata boga tidak sekadar menguasai materi secara teoritis, namun juga perlu berpengalaman mengelola tempat usaha," lanjut Irpan.

"Ini penting bagi mereka, supaya paham betul seluk-beluk usaha kuliner. Sehingga, mereka lebih siap dan percaya diri apabila nanti akan terjun ke bidang tersebut," tegasnya.

Selama beberapa minggu melaksanakan magang, baik Anggun maupun Nurjannah mendapat banyak pengalaman berharga sekaligus berbagai tantangan. Umumnya, mereka masih membutuhkan banyak bimbingan tentang cara berkomunikasi dengan customer.  

Untungnya, dua siswa ini mampu menyerap arahan dari owner dan supervisor dengan baik. Tantangan itupun berhasil mereka hadapi tanpa menimbulkan permasalahan berarti.  

"Double Track sangat membantu kami. Sebagai pemilik usaha, kami harap program ini terus berlanjut karena saling menguntungkan dalam hal penyediaan tenaga kerja dengan bekal skill yang cukup mumpuni," ujar Yason Mikail Dinatha, owner CV Yason Creative Management.(*)

Tombol Google News

Tags:

Smansaba double track CV Yason Creative