Persiapan Pengamanan Pilkada 2024, Personel Polres Malang Digembleng Latihan Dalmas

Jurnalis: Gumilang
Editor: M. Rifat

19 Juli 2024 00:08 19 Jul 2024 00:08

Thumbnail Persiapan Pengamanan Pilkada 2024, Personel Polres Malang Digembleng Latihan Dalmas Watermark Ketik
Personel Polres Malang ketika menggelar latihan Dalmas mempersiapkan pengamanan Pilkada 2024 (18/7/2024). (Foto : Humas Polres Malang)

KETIK, MALANG – Sebanyak 123 Personel Polres Malang mengikuti latihan Dalmas (Pengendalian Massa), Kamis, (18/7/2024). Latihan ini sebagai persiapan dalam pengamanan pelaksanaan pesta demokrasi Pilkada 2024 di Kabupaten Malang.

Kasi Humas Polres Malang, Ipda Dicka Ermantara mengatakan kegiatan ini bertujuan meningkatkan kemampuan personel dalam menghadapi situasi pengamanan yang mungkin kompleks selama proses maupun tahapan Pilkada 2024.

"Pelatihan ini sebagai bagian dari upaya kami memastikan personel siap menghadapi situasi darurat. Tadi dikoreksi juga sikap dan gerakan Dalmas dalam pengendalian massa serta pola pengamanan untuk mengurai massa," ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, latihan ini menekankan pentingnya pemahaman dan keterampilan dalam mengelola unjuk rasa serta kesiapsiagaan mental dan fisik personel.

"Diharapkan, latihan ini dapat memberikan pemahaman mendalam kepada personel dalam berbagai aspek pengamanan. Termasuk taktik kelompok, manuver, teknik penanggulangan kerusuhan, serta cara menghadapi situasi yang memerlukan penanganan khusus," ucapnya.

Latihan ini, kata Ipda Dicka yang merupakan Perwira Pertama atau Pama kepolisian dengan satu strip balok di pundaknya ini juga memberikan perhatian khusus pada kesiapsiagaan dan respons cepat situasi darurat. 

"Kesiapsiagaan Dalmas sangat krusial, terutama dalam menghadapi Pilkada sehingga personel Polres Malang harus selalu siap dan siaga untuk memastikan keamanan dan ketertiban masyarakat, terutama menjelang Pilkada Serentak," terangnya.

Ia menyebut, Pilkada Serentak 2024 mendatang diharapkan dapat berjalan lancar tanpa adanya gangguan yang berarti, dengan dukungan penuh dari aparat kepolisian yang telah dipersiapkan secara optimal.

"Kegiatan latihan ini menjadi salah satu upaya nyata dalam menjaga stabilitas dan keamanan di tengah masyarakat, sehingga seluruh rangkaian kegiatan pemilu dapat berjalan sukses," urainya.

Dengan adanya pelatihan ini, ia berharap dapat meningkatkan kemampuan dan kesiapan personel dalam menghadapi berbagai potensi gangguan selama Pilkada.

Langkah ini, masih kata Ipda Dicka, merupakan bagian dari komitmen Polres Malang untuk menjaga keamanan dan ketertiban di wilayahnya, memastikan proses demokrasi berlangsung dengan aman dan tertib.

“Kami terus berkomitmen untuk memberikan pengabdian terbaik kepada masyarakat, memastikan setiap tahapan pemilu berlangsung aman, damai, dan kondusif. Latihan pengendalian massa dan pengurai massa ini menjadi bukti nyata kesiapan dan dedikasi Polres Malang dalam mengawal proses demokrasi di Indonesia,” sebutnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

pengamanan Pilkada 2024 Kabupaten Malang Polres Malang Latihan Dalmas