Persiapan PON, Cabor Senam Jatim Berencana Tryout di Tiga Negara

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: M. Rifat

23 Mei 2024 09:14 23 Mei 2024 09:14

Thumbnail Persiapan PON, Cabor Senam Jatim Berencana Tryout di Tiga Negara Watermark Ketik
Pelatih sekaligus Ketua II Pengprov Persani Jatim Indra Sibarani, Kamis (23/5/2024). (Foto: Khaesar/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Cabang Olahraga (cabor) Senam Jawa Timur berencana akan melakukan tryout ke luar negeri. Ini bagian dari persiapan tampil di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh dan Sumut yang digelar 8-20 September 2024 mendatang.

Tiga tempat yang ingin dituju adalah Tianjin China, Malaysia atau Singapura. Namun, hal itu masih disesuaikan anggaran yang diberikan KONI Jatim.

"Semua masih menunggu restu KONI. Kita merencanakan tentunya juga disesuaikan dengan keterbatasan anggaran," jelas Pelatih yang juga Ketua II Pengprov Persani Jatim Indra Sibarani, Kamis (23/5/2024).

Indra mengakui sesuai dengan ketentuan KONI, hanya atlet potensi emas saja yang akan diberangkatkan untuk TC di luar negeri. Karena itu, tidak akan semua atlet akan TC di luar negeri.

"KONI punya policy untuk TC hanya untuk atlet yang potensi medali emas. Kita berusaha anak-anak yang diasipkan itu yang dikirim keluar negeri. Tidak semua anak, hanya potensi emas saja yang diberangkatkan," tambahnya.

Sedangkan untuk atlet yang disiapkan di multievent empat tahunan itu, ada 16 atlet terdiri dari 5 atlet di nomor artistik putra, 4 atlet di artistik putri, ritmik 2 atlet dan aerobik 5 atlet.

Indra memastikan semua atlet telah terlihat perkembangan positifnya dengan latihan rutin dan intensitas tinggi.

" Progressnya baik karena Puslatda kan sudah cukup lama. Ini mendekati fase siap bertanding, posisinya kita siapkan anak-anak untuk try out. Prinsipnya sudah siap karena sudah tetata dengan rapi, mereka seminggu 9 kali latihan, pagi 3 jam, sore 3-4 jam," kata Indra.

Berkaca dari PON XX Papua lalu, senam Jawa Timur menargetkan tiga sampai empat emas di PON XXI Aceh-Sumut. (*)

Tombol Google News

Tags:

Senam Jatim cabor senam PON Aceh-Sumut PON Olahraga Jawa timur