Persiapan UKW, Sebanyak 47 Wartawan di Pemalang Ikuti Diklat Jurnalistik

Jurnalis: Slamet Sumari
Editor: Gumilang

12 Oktober 2024 16:30 12 Okt 2024 16:30

Thumbnail Persiapan UKW, Sebanyak 47 Wartawan di Pemalang Ikuti Diklat Jurnalistik Watermark Ketik
Sebanyak 47 Wartawan di Pemalang Ikuti Diklat Jurnalistik, Sabtu, 12 Oktober 2024 (Foto: Slamet/Ketik.co.id)

KETIK, PEMALANG – Sebanyak 47 Wartawan yang bertugas di Pemalang, Jawa Tengah mengikuti pendidikan dan pelatihan (Diklat) jurnalistik menjelang persiapan UKW atau Uji Kompetensi Wartawan.

Diklat tersebut diselenggarakan oleh Gabungan Perkumpulan Wartawan Pemalang (GPWP) bekerjasama Dinas terkait di Gedung Sasana Bhakti Praja, Komplek Pendopo Bupati Pemalang, Sabtu, 12 Oktober 2024.

Ketua Panitia, Agus Pratikno, dalam laporannya mengatakan sebanyak 47 peserta ini nantinya agar dapat meningkatkan kemampuan karya jurnalistiknya seperti memperoleh informasi ataupun menulis berita.

"Kegiatan ini dalam rangka mengembangkan kemampuan teman-teman jurnalis yang ada di Kabupaten Pemalang," kata Agus.

Menurut Agus, kegiatan ini dilaksanakan juga atas pemikiran bersama perkumpulan atau organisasi wartawan di Kabupaten Pemalang.

"Ini juga sebagai persiapan bagi rekan - rekan wartawan yang akan mengikuti uji kompetensi baik media cetak, online, maupun elektronik," jelas Agus.

Acara pendidikan dan pelatihan jurnalistik itu dibuka langsung Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Pemalang, Djoko Ngatmo.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pemalang mengapresiasi kegiatan yang diprakarsai oleh GPWP ini sehingga bisa melahirkan Jurnalis yang profesional.

"Dengan diadakan diklat ini, nantinya para jurnalis bisa menulis dan menyajikan berita ke masyarakat lebih enak dibaca, artinya isinya tidak muter - muter," ucap Djoko Ngatmo.

Pada sesi wawancara, kata Kepala Diskominfo, Pemerintah akan selalu mengadakan Uji Kompetensi Wartawan.

"Iya UKW akan menjadi kewajiban kami untuk memfasilitasi, bahkan akan kita anggarkan terus," pungkasnya.

Pada acara pendidikan dan pelatihan jurnalistik itu menghadirkan 3 orang narasumber seperti Mochamad Tri Atmodjo selaku pemberi materi, Imam Subiyanto selaku pakar hukum, Ali Basarah selaku ketua organisasi PWI Pemalang. (*)

Tombol Google News

Tags:

Wartawan UKW Diklat Jurnalistik pemalang Jawa Tengah