Polres Malang Terjunkan 811 Personil Amankan Pemilu 2024

Jurnalis: Gumilang
Editor: M. Rifat

12 Februari 2024 12:43 12 Feb 2024 12:43

Thumbnail Polres Malang Terjunkan 811 Personil Amankan Pemilu 2024 Watermark Ketik
Kapolres Malang AKBP Putu Kholis Aryana ketika meninjau pasukan yang akan bertugas di TPS (12/2/2024). (Foto: Gumilang/ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Sebanyak 811 personil kepolisian diterjunkan Polres Malang untuk mengamankan pelaksanaan Pemilu 2024. Seluruh personel diberangkatkan ke masing-masing TPS, oleh Kapolres Malang, AKBP Putu Kholis Aryana, Senin, (12/2/2024).

Hadir pada kesempatan itu, Ketua KPU Kabupaten Malang, Anis Suhartini. Kapolres Malang AKBP Putu Kholis Aryana mengatakan, seluruh personel sudah siap menjalankan tugas.

"Hari ini kita melakukan apel gelar untuk pergeseran pasukan dalam tahap pemungutan dan perhitungan suara," ujarnya. Lebih lanjut ia mengatakan, untuk penempatan personil sudah dibagi di masing-masing TPS.

"(Personil) yang terploting di pengamanan TPS sudah melakukan peninjauan ke tempat pengamanannya. Pada beberapa daerah yang cukup jauh seperti Donomulyo Ampelgading Tirtoyudo butuh waktu, sudah cek kondisi," kata Perwira Menengah atau Pamen Kepolisian dengan dua melati di pundaknya tersebut.

Selain tinjau lokasi kata ia, perlengkapan yang dibawa dan dukungan anggaran yang dibutuhkan sampai pelaksanaan pengamanan sampai selesai juga telah dipersiapkan.

"Pengamanan jumlah personel bervariasi ada tps rawan dan kurang rawan, ada dua personel membawahi sampai 10, ada yang 5 mengamati TPS rawan secara secara geografis. Artinya adalah kerawanan terkait kondisi faktor cuaca kebencanaan di wilayah tersebut," terangnya.

Mantan Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok ini mengatakan, pihaknya juga mendapatkan satu pleton personil tambahan untuk pengamanan Pemilu 2024 di Kabupaten Malang.

"Kita tambahkan, juga siagakan satu pleton yang bisa digunakan sewaktu-waktu dari Polda Jatim untuk mengcover yang di TPS," jelasnya.

Terakhir, ia juga menginstruksikan kepada seluruh Kapolsek untuk mengintensifkan patroli di wilayah masing-masing, sekaligus berinteraksi dengan camat maupun kades. (*)

Tags:

Polres Malang pemilu2024 Kabupaten Malang Polisi Pileg2024