Polres Pagaralam Ambil Langkah Pencegahan Karhutla

Jurnalis: Almi Raisyah
Editor: Irwansyah

30 Januari 2023 07:42 30 Jan 2023 07:42

Thumbnail Polres Pagaralam Ambil Langkah Pencegahan Karhutla Watermark Ketik
Personel Bhabinkamtibmas pasang spanduk Karhutla bersama masyarakat, sekaligus mensosialisasikan bahaya kebakaran hutan dan lahan. (Foto: Al/Ketik.co.id)

KETIK, PAGAR ALAM Mengantisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), Polres Pagaralam, melalui Polsek Pagaralam Utara (PAU) berupaya melakukan pencegahan. Hal ini disampaikan Kapolres Pagaralam, AKBP Erwin Irawan, melalui Kapolsek Pagaralam Utara, Iptu Ramsi.

“Langkah-langkah pencegahan Karhutla, salah satunya melakukan pendekatan persuasif dengan memberikan edukasi kepada masyarakat terkait dampak kebakaran hutan bagi masyarakat,” ucap Iptu Ramsi.

Dia menyebutkan, dampak buruk akibat Karhutla sangat besar seperti ekosistem alam jadi rusak, kritisnya lahan bisa mengakibatkan longsor dan berkurangnya sumber air, hingga kabut asap. Karena itu Polsek Pagaralam Utara melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara dibakar.

“Sosialisasi ini penting untuk mengdukasi masyarakat, mengingat kontur wilayah Pagaralam hutannya masih tersebar luas. Belum lagi mata pencarian dominan berkebun dan bertani,” katanya.

Upaya pencegahan ini juga dalam rangka kesiapsiagaan bencana Karhutla di Kota Pagaralam . “Selain itu, melalui personel Bhabinkamtibmas kita juga akan memberikan sosialisasi dan pemasangan imbauan spanduk di sejumlah titik strategis rawan Karhutla di Wilkum Polsek Pagaralam Utara,” pungkasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Polisi kebakaran pagar alam Kathutla Polres Pagaralam