PP Muhammadiyah Gelar Kemah Kreativitas Nasional Seniman Budayawan di Kota Batu

Jurnalis: Sholeh
Editor: Gumilang

19 Juli 2024 13:45 19 Jul 2024 13:45

Thumbnail PP Muhammadiyah Gelar Kemah Kreativitas Nasional Seniman Budayawan di Kota Batu Watermark Ketik
Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir menyampaikan sambutan di Kemah Kreativitas Nasional Seniman dan Budayawan Nasional di Kota Batu, Jum'at (19/7/2024). (Foto: Sholeh/Ketik.co.id)

KETIK, BATU – Lembaga Seni Budaya PP Muhammadiyah menggelar Kemah Kreativitas Nasional Seniman dan Budayawan Muhammadiyah. Kegiatan tersebut digelar di Apple Sun Learning Center Desa/kecamatan Bumiaji Kota Batu, Jumat (19/7/2024).

Kegiatan yang berlangsung hingga Sabtu (21/7/2024) itu dibuka langsung oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir.

Serta, diikuti seniman dan budayawan Muhammadiyah. Juga diikuti Pengurus Lembaga Seni Budaya Pimpinan Wilayah Muhammadiyah se-Indonesia. 

"Kegiatan ini untuk membangkitkan kembali potensi budaya yang hidup di masyarakat, termasuk di dalam warga Muhammadiyah," kata Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir.

Haedar menyampaikan bahwa di era modern saat ini, media sosial, perkembangan teknologi dan globalisasi banyak mencerabut potensi budaya. yang diwujudkan dalam ekspresi seni atau tradisi, relasi sosial dan berbagai simbol lainnya.

Oleh sebab itu, ia menegaskan, Muhammadiyah ingin terus memberikan kontribusi. Agar kebudayaan dapat menyatu dan terkoneksi dengan agama dan Pancasila. Sehingga dapat memberi warna dalam kehidupan masyarakat. 

"Selain itu, ada banyak nilai budaya yang harus kita dorong. Untuk menjadi potensi kita bisa maju, bersatu dan toleran," terangnya.

Kegiatan kemah itu, lanjut Haedar merupakan pesan leluhur untuk para elit bangsa. Menurutnya, yang menjadi harapan masyarakat dari tingkat pusat sampai daerah, adalah pemimpin bangsa yang punya nilai-nilai luhur, hidup dalam agama, Pancasila dan budaya. 

"Sebenarnya melalui kebudayaan masyarakat bisa lebih produktif. Contohnya melalui wisata dan karya budaya, yang dapat menghasilkan sesuatu dapat memperoleh nilai ekonomi," jelasnya. 

Haedar berharap Kemah Kreativitas Nasional Seniman dan Budayawan Muhammadiyah, dapat menghasilkan karya-karya yang luar biasa, contohnya seperti seni lukis.

"Melalui kegiatan ini, kami ingin melahirkan produk-produk aktivitas budaya yang bisa membangun enterpreneur berbasis seni," harapnya.  (*)

 

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu PP Muhammadiyah Kreativitas Nasional Seniman dan Budayawan