Rektor IAIN Curup: Santri Pilar Penting Menjaga Nilai-nilai Islam

Jurnalis: Reno Diqqi Alghzali
Editor: Naufal Ardiansyah

22 Oktober 2023 13:07 22 Okt 2023 13:07

Thumbnail Rektor IAIN Curup: Santri Pilar Penting Menjaga Nilai-nilai Islam Watermark Ketik
Rektor IAIN Curup Prof Idi Warsah memberikan tumpeng kepada Direktur Ma'had Al Jamiah IAIN Curup. (Foto: Reno Diqqi Alghzali/ Ketik.co.id).

KETIK, REJANG LEBONG – Hari Santri Nasional (HSN) 2023 yang jatuh setiap tanggal 22 Oktober menjadi momen peringatan yang rutin dirayakan di Indonesia. Tak terkecuali civitas akademika IAIN Curup.

Pada tahun ini, Rektor IAIN Curup, Prof. Dr. Idi Warsah, M.Pd, mengapresiasi tim Panitia dan Mahad Al Jamiah atas keberhasilan mereka dalam menyelenggarakan perayaan HSN yang mengesankan.

Acara tersebut diadakan di kampus IAIN Curup dan dihadiri oleh ratusan santri dan mahasiswa serta civitas akademika IAIN Curup, Minggu (22/10/2023). 

"Hari Santri adalah momen yang sangat penting bagi kita semua. Santri adalah pilar penting dalam menjaga dan meneruskan nilai-nilai Islam," kata Rektor. 

Foto Rektor IAIN Curup Prof. Dr. Idi Warsah, M.Pd.I menyampai sambutan di Aula Rektorat setelah upacara hari Santri (Foto: Humas IAIN Curup)Rektor IAIN Curup Prof. Dr. Idi Warsah, M.Pd.I menyampai sambutan di Aula Rektorat setelah upacara hari Santri (Foto: Humas IAIN Curup)

Prof Idi Warsah mengapresiasi semangat dan dedikasi yang ditunjukkan oleh panitia dan Mahad Al Jamiah dalam menyelenggarakan perayaan HSN dengan sukses.

"Teringat di tahun 1990 ketika saya ingin mendedikasikan untuk menjadi santri, terhenti ketika ada bayaran uang SPP 5.000 rupiah waktu itu, dan perlahan alhamdulillah anak-anak saya saya sekolahkan di pesantren dimana tempat tujuan yang saya cita-citakan dulu," jelasnya. 

Dengan suksesnya peringatan Hari Santri 2023 di IAIN Curup, ia berharap semakin banyak institusi pendidikan Islam dan lembaga santri lainnya yang akan terinspirasi untuk menyelenggarakan perayaan serupa.

Dengan demikian, lanjut Rektor IAIN Curup, peran santri semakin terasa dan diharapkan memberikan kontribusi nyata bagi kehidupan umat Islam dan bangsa Indonesia secara keseluruhan. (*)

Tombol Google News

Tags:

Hari Santri 2023 IAIN Curup Kementerian Agama Gus Yaqut Rektor IAIN Curup HSN 2023