RI-Inggris Perkuat Kerja Sama Perkeretaapian dan Maritim

Jurnalis: M. Rifat
Editor: Marno

23 Mei 2023 01:44 23 Mei 2023 01:44

Thumbnail RI-Inggris Perkuat Kerja Sama Perkeretaapian dan Maritim Watermark Ketik
Menteri Industri dan Keamanan Ekonomi Kementerian Bisnis dan Perdagangan Inggris, Nusrat Ghani (kiri) dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Senin (22/5/2023), di Jakarta. (Foto: KemenhubRI)

KETIK, JAKARTA – Menteri Industri dan Keamanan Ekonomi Kementerian Bisnis dan Perdagangan Inggris, Nusrat Ghani, menggelar pertemuan bilateral dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Pertemuan yang berlangsung, Senin (22/5/2023) di Jakarta ini, membahas penguatan kerja sama industri di bidang perkeretaapian dan maritim.

“Sebagai tindak lanjut dari Letter of Intent tentang pengembangan perkeretaapian yang ditandatangani November 2022, serta MoU perkapalan dan pembangunan kapal komersial berkelanjutan. Yakni, yang ditandatangani Januari 2023 untuk memfasilitasi kerja sama yang lebih erat di bidang transportasi laut,” demikian pernyataan Kedutaan Besar Inggris di Jakarta dalam keterangan resmi, Senin (22/5/2023).

Inggris memastikan berbagai kesepakatan penguatan kerja sama di bidang perkeretaapian dan maritim tengah ditindaklanjuti. “UK Export Finance (UKEF), agensi kredit ekspor Inggris, tengah bekerjasama dengan Indonesia untuk mendukung proyek-proyek di bidang tersebut,” tambah Kedubes Inggris dalam pernyataannya.

Sementara, Menteri Nusrat Ghani selama kunjungannya di Indonesia juga dijadwalkan bertemu dengan sejumlah menteri lainnya. Di antaranya Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif, Wakil Menteri BUMN Pahala Mansury, dan Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga.

Menteri Ghani juga akan berkunjung ke tambang dan smelter milik PT Vale di Soroako, Sulawesi Selatan, yang menggunakan energi bersih dari tiga pembangkit listrik tenaga air.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kemenhub Inggris MoU