Ribuan Jemaah Tareqat Syattariah di Nagan Raya Rayakan Idul Fitri 1445 Hijriah Hari Ini

Jurnalis: Basriadi
Editor: M. Rifat

8 April 2024 07:54 8 Apr 2024 07:54

Thumbnail Ribuan Jemaah Tareqat Syattariah di Nagan Raya Rayakan Idul Fitri 1445 Hijriah Hari Ini Watermark Ketik
Jemaah Tarekat Syattariyah melaksanakan shalat Idul Fitri 1445 Hijriah di halaman Masjid Syaikhuna Habib Muda Seunagan Desa Peuleukung, Seunagan Timur, Nagan Raya, Aceh, Senin (8/4/2024).(Foto: Basriadi/Ketik.co.id)

KETIK, NAGAN RAYA – Ribuan jemaah pengikut Tareqat Syattariyah di Kabupaten Nagan Raya, Aceh telah melaksanakan shalat Idul Fitri 1445 H di Masjid Peuleukung, Senin (8/4/2024).

Shalat Idul Fitri dipusatkan di Masjid Peleukung, Kecamatan Seunagan Timur, Kabupaten Nagan Raya, diikuti ribuan jemaah pengikut Habib Muda Seunagan atau Abu Peleukung setelah genap berpuasa selama 30 hari.

"Pelaksanaan ibadah shalat Idul Fitri hari ini setelah kami melakukan hisab dengan metode bilangan lima, dan ini telah dilakukan secara turun temurun," kata Teuku Raja Keumangan (TRK), cucu kandung Abu Habib Muda Seunagan.

Ia menjelaskan, Thariqat Syattariyah yang sebelumnya diperkenalkan oleh Abu Habib Muda Seunagan tersebut selama ini diikuti oleh ribuan umat Islam di Kabupaten Nagan Raya.

Selain di Nagan Raya, kata dia, pengikut Thariqat Syattariyah juga tersebar di sejumlah kabupaten/kota di Aceh.

Teuku Raja Keumangan menyebutkan, Thariqat Syattariyah tersebut sudah ada di Aceh sejak 200 tahun silam.

Meskipun pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah sering dilaksanakan berbeda dengan umat Islam lainnya di Aceh, TRK mengatakan hal tersebut selama ini tidak menjadi persoalan di masyarakat.(*)

Tombol Google News

Tags:

jamaah tareqat syattariah rayakan Idul Fitri hari ini