Risma Cocok Dipasangkan KH Marzuki Lawan Khofifah-Emil

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: Marno

25 Juni 2024 23:25 25 Jun 2024 23:25

Thumbnail Risma Cocok Dipasangkan KH Marzuki Lawan Khofifah-Emil Watermark Ketik
Tri Rismaharini digadang-gadang akan dipasangkan dengan Kiai Marzuqi Mustamar di Pilgub Jatim 2024, Selasa (24/6/2024). (Foto: Dokukumen Pribadi for Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Mentri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini digadang-gadang menjadi wakil dari KH Marzuki Mustamar di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jatim 2024. Peneliti Surabaya Survey Center (SSC) Surokim Abdussalam menilai sosok Risma menjadi figur opsional  dipasangkan KH Marzuki untuk menghadapi petana Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak

"Sosoknya sangat kuat terlebih Risma memiliki pengalaman dalam bidang pemerintahan serta menjadi sosok nasional yang memiliki suara yang cukup bagus di masyarakat Jawa Timur," ucapnya, Senin (24/6/2024).

Namun, Surokim menilai elektabilitas Risma cukup bagus untuk menjadi bakal calon gubernur (bacagub) daripada bakal calon wakil gubernur (bacawagub).

"Menurut saya Bu Risma itu kelasnya cagub. Paslon ini akan mudah diwujudkan jika PKB tidak memaksakan diri untuk  berebut cagub," ujarnya.

Menurut Surokim jika memangharus digandengkan dengan KH Marzuki, sosok Risma lebih baik menjadi Cagub. "Jika yang diusung KH Marzuki Mustamar saya menyarankan Bu Risma di posisi cagub sementara Pak Kiai Marzuki di posisi cawagub," jelas Surokim.

Dengan posisi itu, pengamat politik asal Universitas Trunojoyo Madura ini menyampaikan Risma - Marzuqi akan merepotkan pasangan petahana Khofifah - Emil. Meski diakui Surokim elektabilitas petahana masih tinggi. "Menurut saya pasangan Risma - Kiai Marzuki punya potensi bisa kompetitif dan bersaing dengan petahana," katanya.

"Memang tidak akan mudah mengalahkan petahana yang punya banyak surplus saat ini tetapi bukan berarti tidak bisa dikalahkan. Jika penantang bisa memaksimalkan peluang dengan baik, tidak mustahil bisa mengalahkan petahana," tambah Surokim. (*)

Tombol Google News

Tags:

Pilgub Jatim 2024 Tri Rismaharini Jawa timur Pemilihan Gubernur Jatim