Sambangi Timur Tengah, Sandiaga Uno Gagas Kerja Sama Industri Kreatif

Jurnalis: Wandi Ruswannur
Editor: M. Rifat

13 Januari 2024 08:12 13 Jan 2024 08:12

Thumbnail Sambangi Timur Tengah, Sandiaga Uno Gagas Kerja Sama Industri Kreatif Watermark Ketik
Menparekraf Sandiaga Uno gagas kerja sama industri ekonomi kreatif di Riyadh, Arab Saudi (12/1/2024) (Foto: KBRI Riyadh)

KETIK, JAKARTA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno melakukan lawatan kunjungan kerja ke negara di Timur Tengah, tepatnya ke Jeddah, Arab Saudi dan Dubai, Uni Emirat Arab.

"Setelah kunjungan kerja di Arab Saudi, saya menghadiri undangan makan malam bersama Y.M. Ir. Walid bin Abdul Karim El-Khereiji, Wakil Menteri Luar Negeri KSA, di kediaman YM. Faisal Abdullah H. AModi, Dubes KSA di Jakarta," kata Sandiaga Uno, Sabtu (13/1/2024).

Politisi DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini menyampaikan, ia telah berdiskusi terkait peluang kerja sama di bidang industri ekonomi kreatif antara Indonesia dan Arab Saudi.

"Di mana harapannya, kita dapat berkolaborasi ke depannya untuk mendukung program Indonesia Spice Up The World dan mencapai target mendirikan 4.000 restoran Indonesia di luar negeri," ujar Sandiaga Uno.

Dirinya menuturkan, Kemenparekraf RI juga mendorong meningkatkan nilai ekspor rempah-rempah Indonesia ke luar negeri hingga mencapai 2 miliar USD, dan salah satunya yaitu di Jeddah, Kerajaan Arab Saudi.

"Saya sangat optimis lewat kolaborasi dan membangun hubungan diplomasi yang baik bagi kedua negara dapat mendorong penciptaaan lapangan kerja dan kebangkitan ekonomi Indonesia. Produk ekraf lokal go global," ungkapnya.

Sementara itu, dalam kunjungan ke Kota Dubai, Sandiaga Uno melakukan kunjungan ke pameran produk ekonomi kreatif lokal di event pameran Hajj and Umrah Services Conference and Exhibition 2024 @hajjumrahsa.

Menurutnya, wisata ramah muslim memiliki nilai investasi mencapai USD 3-4 miliar atau mencapai Rp 45-60 triliun. Dalam pameran ini terdapat 19 pelaku ekraf lokal yang berpartisipasi.

"Harapan ke depannnya, lewat kontribusi pelaku ekonomi kreatif dalam pameran ini dapat membuka peluang kolaborasi pemasaran produk lokal ke tingkat global dan terciptanya lapangan kerja baru," tandasnya menutup pernyataan.(*)

Tombol Google News

Tags:

Timur Tengah KBRI Riyadh dubai Ekonomi kreatif Menparekraf Sandiaga Uno