Sambut Anniversary ke-97 Tahun, Persebaya dan Citicon Apresiasi Bonek

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: Gumilang

23 Juni 2024 13:00 23 Jun 2024 13:00

Thumbnail Sambut Anniversary ke-97 Tahun, Persebaya dan Citicon Apresiasi Bonek Watermark Ketik
Gate Jhoner 21 mendapatkan juara umum lomba mural yang digelar Persebaya dan Citicon, Minggu (23/6/2024). (Foto: Khaesar/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Menyambut anniversary ke-97 tahun Persebaya, beberapa kota-kota di Surabaya mulai dimural. Hal ini bukan tanpa sebab karena Persebaya bersama Citicon menggelar lomba mural serta memberikan apresiasi kepada seniman mural.

Salah satu perwakilan seniman yang mengantongi juara umum, Safiudin Abdi mengusung tema Usung Juara dalam karya seni muralnya. Tema yang diambil menjadi doa kepada Persebaya untuk mencapai target juara di musim 2024/2025.

“Saya mengusung tema Usung Juara. Penggambarannya salah satu pemain Persebaya membawa piala terus ada capo yang memberikan semangat dan ada yang merayakan,” kata seniman mural asal Banyu Urip Surabaya tersebut, Minggu (23/6/2024).

Dengan ukuran sekitar 3,5x6 meter terpampang di dinding fly over Jalan Diponegoro Surabaya. Karya mural dari kelompok Gate Jhoner 21 tersebut dikerjakan selama dua hari oleh lima orang seniman.

“Lomba mural dari klub dan perusahaan swasta ini menjadi inspiratif karena adanya dukungan untuk seniman jalanan seperti kami,” ucapnya. Sebagai informasi, selain Gate Jhoner 21, Citicon dan Persebaya memilih empat seniman lainnya yang merupakan perwakilan Bonek (suporter Persebaya).

Di antaranya adalah Tribun Timur, Tribun Kidu, Gate 17, dan Bonek Fanatical. Kelima seniman mural Surabaya tersebut menampilkan karya seni yang ciamik dengan temanya masing-masing.

Pemilihan pemenang pun melalui voting terbanyak yang diberikan oleh suporter Persebaya (Bonek dan Bonita) secara online melalui media sosial.

Sementara itu, Direktur PT. Citicon Nusantara Industries, Cipto Prabowo Atmojo mengungkapkan alasan dukungan yang diberikan bersama Persebaya kepada para seniman mural Surabaya.

Menurutnya, seniman mural memerlukan wadah yang tepat untuk menuangkan ide kreatifitasnya ke dalam bentuk karya seni inspiratif.

“Daripada yang kehidupan yang tidak bener, mending kita berkarya di suatu bidang, dan kita ingin mendukung hari jadi Kota Surabaya yang kebetulan juga dekat dengan Hari Jadi Citicon dan Persebaya,” ucapnya. (*)

Tags:

persebaya Gate Jhoner 21 Bonek Bonita Anniversary Persebaya ke 97 Surabaya