Sekda NTB Lalu Gita Jadi Pj Gubernur, Tugas Sukseskan GP Indonesia di Mandalika Menanti

Jurnalis: M. Rifat
Editor: Naufal Ardiansyah

1 September 2023 05:45 1 Sep 2023 05:45

Thumbnail Sekda NTB Lalu Gita Jadi Pj Gubernur, Tugas Sukseskan GP Indonesia di Mandalika Menanti Watermark Ketik
Sekda NTB Lalu Gita Ariadi akan menjabat Pj Gubernur mulai September ini, bersama pembalap Moto3 Indonesia Mario Aji. (Foto: Rifat/Ketik.co.id)

KETIK, LOMBOK TENGAH – Presiden Joko Widodo Kamis sore (31/8/2023) telah menentukan 10 sosok yang akan mengisi jabatan Pj Gubernur di 10 Provinsi. Salah satunya adalah Nusa Tenggara Barat (NTB). Penentuan tersebut dilakukan dalam sidang bersama Tim Penilai Akhir (TPA).

Nama-nama yang dipilih Presiden Jokowi akan menggantikan para Gubernur dan Wakil Gubernur yang masa jabatannya berakhir September ini.

Di NTB, Sekretaris Daerah (Sekda) Lalu Gita Ariadi bakal menjabat sebagai Pj Gubernur NTB. Sumber di Istana negara menyebut pelantikan para pejabat itu akan dilakukan pada Selasa (5/9/2023). Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian yang akan melantik di kantornya mewakili Presiden Jokowi.

"Benar, rapat TPA sudah dilakukan," kata Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin dilansir dari Detik.

Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Otda) Kemendagri Akmal Malik menyebut penetapan nama-nama Pj Gubernur itu kini tinggal menunggu Keputusan Presiden (Keppres).

"Jadi kami tunggu Keppres keluar," jelas Akmal.

Lalu Gita memang merupakan satu dari tiga nama yang diusulkan DPRD NTB ke Kemendagri. Dua nama lain, yakni Deputi Bidang Administrasi Sekretariat Jenderal DPD RI Lalu Niqman Zahir dan Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Nizar Ali.

Lalu Gita merupakan teknokrat senior di lingkup Pemprov NTB. Alumni Universitas Brawijaya Malang tersebut saat ini juga merupakan Ketua Umum Forum Sekretaris Daerah Seluruh Indonesia (Forsesdasi) periode 2021-2024.

Setelah menjabat Pj Gubernur NTB, Lalu Gita bakal langsung menghadapi satu tugas besar yakni menyukseskan gelaran GP Indonesia di sirkuit Mandalika pada 15 Oktober mendatang.

Di acara itu NTB akan menjadi perhatian dunia. Sirkuit Mandalika berada di Lombok Tengah, NTB.

Berikut nama-nama 10 Pj Gubernur yang akan mulai menjabat di September ini:

  1. Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin
  2. Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana
  3. Pj Gubernur Sumut Hasanudin
  4. Pj Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya
  5. Pj Gubernur Papua Ridwan Rumasukun
  6. Pj Gubernur NTT Ayodhia Kalake
  7. Pj Gubernur NTB Lalu Gita Ariadi
  8. Pj Gubernur Kalbar Harrison Azroi
  9. Pj Gubernur Sulawesi Tenggara Andap Budhi
  10. Pj Gubernur Sulsel Bachtiar Baharuddin. (*)

Tombol Google News

Tags:

Nusa Tenggara Barat NTB Lalu Gita Ariadi Mandalika Lombok Tengah PJ Gubernur Sekda