Seluruh Kloter Jemaah Haji Embarkasi Surabaya Telah Berangkat ke Tanah Suci

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

23 Juni 2023 17:39 23 Jun 2023 17:39

Thumbnail Seluruh Kloter Jemaah Haji Embarkasi Surabaya Telah Berangkat ke Tanah Suci Watermark Ketik
Para jemaah haji sedang mengantre untuk menaiki bus di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya, (23/6/2023). (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Kloter terakhir Calon Jemaah Haji (CJH) Embarkasi Surabaya telah diberangkatkan dari Asrama Haji Sukolilo Surabaya Jumat (23/6/2023) sore.

Terkait hal ini, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengajak semua warga Jawa Timur mendo'akan agar seluruh jemaah haji asal Jawa Timur dan jama'ah haji Indonesia pada umumnya sehat, lancar dan mabrur.

"Hari ini empat kloter terakhir berjumlah 1.411 orang telah berangkat dari embarkasi Surabaya. Alhamdulillah semua lancar dan sehat,” tegasnya, Jumat (23/6/2023).

Jemaah haji yang berangkat di kloter-kloter terakhir ini telah mengenakan baju ihram sejak dari asrama haji. Karena setibanya di Bandara King Abdul Aziz Jeddah para jemaah langsung menuju Makkah untuk menunaikan ibadah umroh wajib atau tawaf qudum.

Sebab selain haji tamattu, jemaah haji juga mengenal haji ifrad dan haji Qiran. Berbeda dengan haji tamattu', haji ifrad adalah jenis haji yang jemaahnya menjalankan ibadah haji terlebih dahulu kemudian menjalankan rangkaian ibadah umroh.

Sedangkan haji Qiran, adalah jenis ibadah haji yang dilakukan sekaligus antara haji dan umrah atau menggabungkan 2 niat yaitu ibadah haji dan umroh sekaligus.

Foto Para petugas sedang membantu para jemaah haji, (23/6/2023). (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)Para petugas sedang membantu para jemaah haji, (23/6/2023). (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

"Insyaallah semua dimudahkan dan dilancarkan Allah SWT. Amin," harap Khofifah.

Dalam menjalankan ibadah haji, mantan Menteri Sosial RI tersebut menghimbau kepada jemaah untuk menjaga kondisi agar selalu prima. Hal ini cukup menjadi perhatian karena banyaknya jemaah haji lansia yang berangkat tahun ini.

Selain itu dalam beberapa hari ke depan akan menjalankan wukuf sebagai puncak ibadah haji. Ibadah ini membutuhkan kondisi fisik yang sehat, oleh sebab itu akan ada banyak petugas yang berjaga.

"Tanggal 9 Dzulhijjah ini kan puncak dari seluruh rangkaian haji, semua yang ada di tanah suci akan berkumpul di Padang Arafah untuk melaksanakan wukuf. Maka kesehatan menjadi modal penting,” jelasnya.

Lebih lanjut dengan keberangkatan empat kloter terakhir hari ini, artinya seluruh jemaah embarkasi Surabaya telah berangkat. Gubernur Khofifah berharap seluruh jemaah haji bisa menjalankan seluruh rangkaian ibadah haji dengan khusyu'.(*)

Tombol Google News

Tags:

jemaah haji Embarkasi Surabaya Tanah Suci Asrama Haji Sukolilo Gubernur Khofifah