Seminar Nasional Literasi Desa Pascasarjana PLS UM Warnai Rangkaian Hardiknas 2024

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Naufal Ardiansyah

3 Mei 2024 03:00 3 Mei 2024 03:00

Thumbnail Seminar Nasional Literasi Desa Pascasarjana PLS UM Warnai Rangkaian Hardiknas 2024 Watermark Ketik
Pelaksanaan seminar nasional oleh mahasiswa Pascasarjana PLS UM. (Foto: Panitia Seminar)

KETIK, MALANG – Momen Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2024 turut dirayakan oleh Mahasiswa Pascasarjana Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang (UM). Kegiatan seminar nasional bertajun Literasi Desa: Desa Peduli Pendidikan telah digelar pada Kamis (2/5/2024) lalu.

Kegiatan tersebut menghadirkan Staff Khusus Menteri Desa, Nasrun Annahar yang memberikan wejangan tentang pentingnya literasi di tengah masyarakat. Menurutnya terdapat jarak yang cukup terlihat dalam budaya baca di masyarakat perkotaan dan pedesaan.

"Fakta yang tampil saat ini adalah budaya baca antara masyarakat perkotaan dan pedesaaan memiliki gap yang menunjukan angka budaya baca pada masyarakat desa lebih rendah dibanding masyarakat perkotaan. Oleh sebab itu, menjadi alasan perlu adanya peningkatan literasi desa," ujar Nasrun.

Pemerintah memiliki agenda yang tertuang dalam tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDG) Desa. Salah satu poin yang tertuang di dalamnya ialah Pendidikan Desa Berkualitas.

Foto Berlangsungnya seminar nasional. (Foto: Panitia)Berlangsungnya seminar nasional. (Foto: Panitia)

Winartono selaku Koordinator Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Malang menjelaskan literasi desa menjadi salah satu langkah untuk dapat merealisasikan poin keempat dalam SDGs Desa itu.

"Semua orang berhak mendapatkan sebuah pendidikan dengan konsep pendidikan untuk semua dan strategi pendidikan berbasis pemberdayaan masyarakat," tegasnya.

Potensi sumber daya alam dan manusia yang ada di desa dapat dikembangkan dengan optimal melalui proses pembelajaran. Hal tersebut untuk membentuk kebermanfaatan dan menjadikan taraf hidup masyarakat semakin meningkat.

Sama halnya dengan Zulkarnain, Ketua Departemen PLS FIP UM, Perguruan Tinggi memiliki andil besar terhadap kesejahteraan masyarakat desa. Hal tersebut telah tertuang dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi baik itu pendidikan dan pengajaran, maupun pengabdian kepada masyarakat.

"Maka Perhatian akan pemerataan pendidikan senantiasa harus ditingkatkan di seluruh wilayah bangsa. Salah satu upaya pemerataan pendidikan di pedesaan yaitu perlu adanya peningkatan literasi desa bagi seluruh elemen baik pemerintahan, masyarakat, dan seluruh stakeholder," ungkapnya.

Sementara itu panitia sekaligus mahasiswa S2 PLS UM, Muhammad Firdaus mengungkapkan kegiatan itu menjadi refleksi bagi mahasiwa pendidikan luar sekolah. Pendidikan menjadi proses untuk membuat individo sadar akan aspek-aspek kehidupan.

"Dengan demikian, pendidikan bukan hanya tentang mengajarkan fakta-fakta atau keterampilan praktis, tetapi juga tentang membantu individu memahami diri mereka sendiri dan masyarakat di sekitarnya," tutupnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

seminar nasional Mahasiswa Pascasarjana UM Universitas Negeri Malang Literasi Desa