Soroti Pelecehan Seksual di Pesantren, Wapres Minta IPI Lakukan Pengawasan

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

11 Agustus 2023 09:27 11 Agt 2023 09:27

Thumbnail Soroti Pelecehan Seksual di Pesantren, Wapres Minta IPI Lakukan Pengawasan Watermark Ketik
Wakil presiden Ma'ruf Amin saat menghadiri Rakernas IPI, Jumat (11/8/2023). (Foto: Dok Setwapres)

KETIK, SURABAYA – Dalam kunjungan kerjanya di Jawa Timur, Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyempatkan diri mengunjungi kota Surabaya untuk menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Ikatan Pesantren Indonesia (IPI), Jumat (11/8/2023).

Pada kesempatan itu, Ma'ruf Amin meminta agar fungsi pesantren lebih dikuatkan lagi. Selain sebagai pusat pendidikan, pesantren juga merupakan pusat dakwah dan pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Apalagi di tengah tantangan era modernisasi saat ini. Kecanggihan teknologi yang memberikan kemudahan dalam beraktivitas tidak hanya membawa dampak positif, tapi juga dampak negatif.

"Dalam melakukan dakwah di era modernisasi saat ini, kita harus bisa memilah antara efek positif dan negatif. Kemajuan teknologi adalah hal yang tidak bisa kita hindari, oleh sebab itu kita harus bisa membentengi diri sendiri," jelasnya.

Selain menyoroti tantangan dakwah di era inovasi teknologi, Ma'ruf Amin juga menaruh perhatian terhadap maraknya kasus kekerasan seksual di lingkungan pesantren. Hal ini tentu dapat mencoreng wajah pesantren sebagai lembaga pendidikan yang seharusnya melindungi para santri.

"Saya minta IPI memberikan pengawasan ketat. Ada pesantren yang melakukan kekerasan seksual, saya harap agar pesantren di tanah air dapat memberikan keamanan bagi santri," tambahnya.

Ia meminta kepada para pengurus pesantren untuk memberikan perhatian lebih terhadap keamanan dan kenyamanan para santri dalam menimba ilmu. Saat ini banyak kejadian seperti pelecehan seksual yang mencoreng nama pesantren.

"Jangan sampai karena noda setitik, masyarakat jadi menganggap pesantren bukan tempat yang aman," pungkasnya.

Ma'ruf Amin berharap pondok pesantren yang merupakan lembaga pendidikan dan dakwah tidak dirusak oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Ia ingin kejadian tersebut tidak terulang kembali di masa yang akan datang(*)

Tombol Google News

Tags:

IPI Pesantren santri lembaga pendidikan Wakil Presiden Ma'ruf Amin pelecehan seksual