Sudah Tahu Belum? Ini 4 Manfaat Jahe untuk Perawatan Rambut

Jurnalis: Mustopa
Editor: M. Rifat

24 Juli 2023 21:00 24 Jul 2023 21:00

Thumbnail Sudah Tahu Belum? Ini 4 Manfaat Jahe untuk Perawatan Rambut Watermark Ketik
Jahe (Foto: Semarangkota.go.id)

KETIK, JAKARTA – Jahe lebih sering digunakan sebagai rempah-rempah atau campuran obat tradisional. Tanaman herbal ini memiliki sifat antioksidan, antibakteri dan anti peradangan yang mampu memperkuat sistem imun.

Namun, ternyata jahe juga bermanfaat untuk perawatan rambut. Tumbuhan bernama latin Zingiber Officinale ini bisa mengatasi masalah ketombe, rambut rapuh hingga rambut rontok.

Berikut 4 manfaat jahe untuk perawatan rambut:

Membantu Rambut Lebih Panjang

Jahe bisa membantu rambut lebih kuat dan panjang karena bisa meningkatkan sirkulasi kulit kepala dan folikel rambut. Kandungan vitamin dan mineral juga membuat rambut lebih lembab.

Untuk menggunakannya, parutan jahe tinggal dicampur dengan minyak almond. Kemudian dipijatkan ke bagian kulit kepala secara merata.

Melawan Ketombe

Masalah ketombe dan kulit kering juga bisa diatasi dengan jahe. Tanaman ini juga bersifat antiseptik untuk membantu mengobati kulit kepala terkelupas.

Manfaat jahe untuk melawan ketombe bisa didapatkan dengan mencampurkannya ke dalam sampo. Atau pijat kulit kepala dengan jahe segar.

Menjaga Kondisi Rambut

Jahe juga berfungsi sebagai kondisioner alami. Minyak yang terkandung dalam jahe berfungsi sebagai antioksidan untuk menjaga kondisi rambut.

Antioksidan yang terkandung dalam jahe juga mampu menjaga rambut dari kerusakan karena senyawa ini bisa melindungi folikel rambut.

Mencegah Rambut Bercabang

Rambut bercabang juga bisa dicegah dengan bantuan jahe. Tinggal semprotkan saja cairan jahe sebelum mencuci rambut.

Jahe juga bisa dicampurkan dengan kondisioner atau pun minyak rambut. Gunakan secara merata untuk bisa mendapatkan hasil maksimal.(*)

Tombol Google News

Tags:

Jahe perawatan rambut ketombe