Surabaya Great Expo Pameran UMKM Terbesar dan Terspektakuler

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Naufal Ardiansyah

17 Agustus 2023 10:42 17 Agt 2023 10:42

Thumbnail Surabaya Great Expo Pameran UMKM Terbesar dan Terspektakuler Watermark Ketik
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi saat mengunjungi SGE 2023. (Foto: Humas Pemkot Surabaya)

KETIK, SURABAYA – Pameran Surabaya Great Expo (SGE) 2023 menjadi ajang pameran UMKM maupun pelayanan publik terbesar dan terspektakuler yang digelar oleh Pemkot Surabaya. 

Pameran ini digelar mulai tanggal 16 hingga 20 Agustus 2023 yang digelar di Convention Hal Grand City Mal Surabaya. 

Pameran ini terbuka untuk umum dan pengunjung yang datang tidak perlu membayar maupun melakukan registrasi terlebih dahulu, alias Gratis. 

Pameran nasional diikuti oleh 75 peserta yang menempati 162 stand itu akan menampilkan berbagai informasi dan potensi dari berbagai sektor, baik jasa, layanan masyarakat, dinas, lembaga, jasa perbankan, produk industri besar menengah. 

Meliputi produk olahan hasil pertanian, perkebunan, pariwisata, hasil olahan kulit, kerajinan, batik, kosmetik, industri makanan-minuman olahan, dan lain-lain. 

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan bahwa Surabaya Great Expo 2023 ini berbeda dengan sebelumnya karena tahun ini banyak menampilkan UMKM yang sudah naik kelas. Ia mencontohkan seperti sepatu yang sedang dipakainya hari ini desainnya sudah luar biasa. 

“Alhamdulillah semakin tahun semakin banyak UMKM yang sudah naik kelas, dan ini memberikan pemasukan tersendiri kepada UMKM Surabaya,” kata Eri. 

Bahkan, dalam SGE tahun ini juga ada tempat bagi UMKM kuliner yang ada di sisi timur gedung Grand City Mall. Ada pameran produk hasil dari anak-anak berprestasi dan juga ada pemberian BPJS Ketenagakerjaan yang diberikan PT Debindo Mitra Tama kepada 100 pelaku UMKM Surabaya.   

“SGE kali ini juga ada peserta binaan dari Angkatan Laut, ada dari Makasar, dan juga Bali. Jadi, banyak juga yang dari luar Surabaya, dan ini menunjukkan bahwa Surabaya ini semakin menarik untuk menjadi tempat investasi,” tegasnya.  

Selain itu, SGE 2023 ini juga menjadi ajang untuk pameran pelayanan publik yang telah dilakukan oleh Pemkot Surabaya. Sebab, ia menyadari bahwa pelayanan publik itu harus terus dilakukan perbaikan-perbaikan karena tidak ada yang sempurna, makanya setiap saat dan setiap waktu terus dilakukan penyempurnaan apabila ada masukan-masukan dari masyarakat.

“Inilah yang saya butuhkan perbaikan-perbaikan yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat. Jadi, kita terus melakukan perbaikan sehingga Surabaya Great Expo ini bisa menaikkan kemampuan UMKM dan bisa menaikkan kualitas pelayanan publik di internal Pemkot Surabaya,” katanya. 

Ia juga menegaskan bahwa pameran yang digelar oleh Pemkot Surabaya bersama PT Debindo Mitra Tama itu akan menjadi acara rutin setiap tahunnya. 

Hal ini berarti bahwa melalui SGE ini Pemkot Surabaya tidak pernah berhenti berinovasi dan tidak cepat berpuas diri, sehingga kemampuan UMKM terus dinaikkan kelasnya dan pelayanan publik yang ada di pemkot juga terus dilakukan perbaikan untuk menjadi lebih baik. 

“Alhamdulillah target transaksinya juga terus naik setiap tahunnya, tahun ini target transaksi kita sebesar Rp 7,5 miliar,” tegasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

SGE 2023 Pemkot Surabaya UMKM Pelayanan Publik Eri Cahyadi Grand City Mal Surabaya