Tekan Inflasi di Kota Batu, Gerakan Tanam Cabai Dilakukan di Sekolah

Jurnalis: Sholeh
Editor: Mustopa

13 September 2024 16:48 13 Sep 2024 16:48

Thumbnail Tekan Inflasi di Kota Batu, Gerakan Tanam Cabai Dilakukan di Sekolah Watermark Ketik
Pj Wali Kota Batu, secara simbolis menanam cabai serentak di di SMP Negeri 03 Kota Batu, Jumat, 13 September 2024. (Foto: Sholeh/Ketik.co.id)

KETIK, BATU – Pemerintah Kota Batu bersama sejumlah sekolah-sekolah di wilayah tersebut melaksanakan Gerakan Tanam Cabai Serentak yang dipusatkan di SMP Negeri 03 Kota Batu, Jumat, 13 September 2024. 

Dalam kesempatan itu, Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai secara simbolis menyerahkan bibit cabai dan sarana penanaman kepada lima Kepala SMP di Kota Batu yaitu SMPN 03, SMPN 01, SMP Muhammadiyah 08, SMP PGRI 02 dan SMP Solaiman Kota Batu. 

Untuk diketahui, sebanyak 30 SMP masing-masing mendapatkan 250 bibit cabai, 100 kilogram tanah humus, pupuk organik, dan sarana penanaman lainnya.

"Salah satu upaya pengendalian inflasi khususnya pada komoditas cabai yaitu dengan melakukan kegiatan tanam cabai bersama di Kota Batu," kata Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai. 

Aries menegaskan bahwa penanganan inflasi membutuhkan kolaborasi semua pihak, termasuk satuan pendidikan.

Kolaborasi antara pemerintah dan satuan pendidikan di Kota Batu salah satunya dengan memanfaatkan lahan di sekolah dengan penanaman pohon cabai.

"Salah satu komoditas pertanian yang paling krusial ketika laju inflasi semakin meningkat adalah cabai," ujarnya.

Selanjutnya, Aries mengapresiasi kolaborasi antara Tim Pengendalian Inflasi (TPID) Kota Batu dengan satuan pendidikan. Karena gerakan penanaman Cabai serentak adalah salah satu bentuk edukasi kepada siswa di Kota Batu mengenai pentingnya pengendalian inflasi.

"Saya berharap dengan adanya gerakan tanam cabai bersama ini akan menjadi pengetahuan baru untuk anak didik kita tentang inflasi dan dampaknya bagi sektor ekonomi terutama di Kota Batu," tegasnya.

Ia juga berharap kegiatan semacam ini menjadi agenda yang berkelanjutan dan akan menjadi salah satu upaya program unggulan dari TPID Kota Batu. Tentunya, dengan tetap melibatkan satuan pendidikan khususnya pelajar di semua tingkatan pendidikan di Kota Batu.

"Ke depan, kegiatan seperti ini harus kita lakukan secara masif dan terukur. Karena, hanya dengan aksi nyata seperti inilah laju kenaikan harga komoditas terutama cabai bisa kita antisipasi, dan mungkin kita bisa menjadi suplier bagi daerah lain," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu Inflasi cabai Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai