Tips Jalani Ibadah Puasa bagi Penderita Sakit Maag

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

10 Maret 2024 02:15 10 Mar 2024 02:15

Thumbnail Tips Jalani Ibadah Puasa bagi Penderita Sakit Maag Watermark Ketik
Ilustrasi berbuka puasa.(Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, JAKARTA – Saat bulan suci Ramadan, semua umat muslim diperintahkan untuk menjalani ibadah puasa. Puasa merupakan ibadah menahan diri dari lapar dan haus mulai dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari. 

Puasa sebenarnya memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan, namun lain halnya dengan orang yang memiliki riwayat sakit maag. Bagi orang dengan sakit maag membiarkan tubuh dalam kondisi tanpa makanan dalam waktu lama akan membuat produksi asam lambung naik.

Oleh sebab itu untuk mengatasi produksi asam lambung yang berlebih, orang dengan sakit maag dianjurkan untuk makan tepat waktu guna menetralkan asam lambung yang berlebihan. 

Meskipun memiliki penyakit maag yang mungkin menimbulkan kekhawatiran, namun hal tersebut tidak boleh menjadi penghalang untuk mendapatkan pahala dalam menjalankan ibadah puasa. Berikut ini kami ulas tips untuk mencegah kenaikan asam lambung saat berpuasa.

1. Konsumsi Karbohidrat

Sebelum menjalani ibadah puasa, pastikan asupan karbohidrat bagi tubuh terpenuhi saat sahur. Hal ini penting karena karbohidrat akan memberikan energi selama menjalani ibadah puasa. 

Selain nasi, kentang bisa menjadi alternatif pilihan yang baik. Kentang mengandung senyawa basa dan vitamin yang dapat membantu mengurangi risiko kambuhnya maag.

2. Berbuka Dengan Kurma

Makan kurma saat berbuka puasa bukan hanya anjuran dari Nabi, tetapi juga memiliki manfaat kesehatan. Kurma memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi, selain itu juga kaya akan serat dan potassium yang bermanfaat untuk membantu manjaga kesehatan lambung.

Makan 3 kurma saat berbuka puasa, diikuti dengan jeda sebelum mengonsumsi makanan selanjutnya, dapat membantu mengendalikan keseimbangan asam dan basa dalam tubuh, serta melancarkan sistem pencernaan.

Foto Kacang almond. (Foto: Pexels)Kacang almond. (Foto: Pexels)

3. Memilih Cemilan Kacang Almond

Saat ingin memakan cemilan diantara waktu berbuka hingga sahur, kacang almond bisa menjadi pilihan. Hal ini karena kacang almond memiliki kandungan gas yang rendah sehingga dapat mencegah naiknya asam lambung.

4. Perbanyak Sayur dan Buah

Seperti yang kita tahu sayur dan buah kaya akan kandungan nutrisi penting bagi tubuh, terutama dalam hal menjaga kesehatan lambung. Sayuran kaya akan serat yang baik bagi pencernaan. Jangan lupa kombinasikan dengan buah-buahan untuk mendapatkan asupan nutrisi yang seimbang.

5. Kurangi Makanan Cepat Saji

Hidangan cepat saji atau junk food merupakan makanan yang sulit untuk dicerna oleh tubuh. Belum lagi kandungan lemaknya yang tinggi akan memicu naiknya asam lambung. Naiknya asam lambung ini akan menyebabkan iritasi pada dinding lambung.

Tidak hanya itu junk food dan gorengan juga bisa menyebabkan gangguan pemcernaan dan bisa mengganggu penderita maag menjalani ibadah puasa.(*)

Tombol Google News

Tags:

Ramadan puasa Berbuka Puasa penderita maag asam lambung karbohidrat Serat