Tips Merawat Keindahan Rambut dengan Minyak Zaitun

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

13 Januari 2024 00:05 13 Jan 2024 00:05

Thumbnail Tips Merawat Keindahan Rambut dengan Minyak Zaitun Watermark Ketik
Minyak Zaitun baik untuk merawat rambit. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Minyak zaitun sejak dahulu dikenal sebagai bahan makanan yang memiliki banyak nutrisi bagi tubuh. Namun ternyata minyak zaitun memiliki kegunaan lain.

Selain sebagai bahan masakan, minyak yang didapat dari ekstraksi buah zaitun ini juga berguna untuk menjaga kilau dan kesehatan rambut.

Rambut bagi wanita adalah mahkota yang harus dijaga keindahannya. Oleh sebab itu banyak wanita yang menghabiskan waktu dan tenaganya untuk merawat rambut.

Alih alih pergi ke salon dengan biaya yang tidak kecil. Kamu bisa memanfaatkan minyak zaitun untuk menjaga kesehatan rambutmu.

Penggunaan minyak zaitun untuk perawatan rambut telah digunakan selama ribuan tahun lalu, banyak yang mengklaim bahwa minyak ini dapat memberikan keliauan, kelembutan, hingga membuat rambut tampak lebih sehat.

Foto Gosokan minyak zaitun di kulit kepala. (Foto: Pexels)Gosokan minyak zaitun di kulit kepala. (Foto: Pexels)

Dilansir dari healthline.com minyak zaitun adalah bahan alami yang memiliki kandungan asam oleat, asam palmitat, dan squalene.

Kandungan tersebut merupakan emolien yang memiliki erti sebagai kualitas pelunakan, kandungan ini juga seringkali digunakan untuk membuat sampo, kondisioner, hingga pomade.

Minyak zaitun dapat menghaluskan kutikula rambut sehingga menjadikannya berkilau, dengan begitu kelembapan rambut akan terjaga.

Selain itu, Minyak zaitun merupakan bahan alami yang memiliki sifat anti bakteri dan anti jamur, sehingga memiliki efek yang dapat memenangkan kulit kepala.

Efek pelembapnya dapat membantu mengurangi rasa gatal, mengatasi kekeringan, mengurangi ketombe, dan mengatasi folikel yang tersumbat. 

Penggunaan minyak zaitun dapat mengurangi kerontokan rambut akibat hormon dihidrotestosteron (DHT). Hormon ini dapat menyebabkan folikel rambut menjadi lemah. 

Minyak zaitun juga kaya akan antioksidan yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Minyak zaitun dapat mencegah kerontokan dan mencegah rambut dari kerusakan.

Bagi kamu tertarik untuk menggunakan minyak zaitun, berikut cara penggunaannya :

  1. Gunakan minyak zaitun sebanyak satu hingga dua sendok makan tergantung dengan panjang rambut. Semakin panjang rambut yang dimiliki, semakin banyak penggunaan minyak zaitun.
  2. Oleskan minyak zaitun ke rambut dan kulit kepala. Lakukan pijatan selama beberapa menit jika kamu memiliki masalah kulit kepala yang kering.
  3. Tutup kepala menggunakan shower cap.
  4. Biarkan semalaman atau setidaknya enam jam sebelum dibilas. Setelah semalaman, buka kembali shower cap dan sisirlah rambut sebelum keramas menggunakan sisir bergerigi untuk menghilangkan minyak.
  5. Cuci rambut menggunakan air hangat.(*)

Tombol Google News

Tags:

perawatan rambut minyak zaitun rambut sehat rambut lebat rambut berkilau Kecantikan