Tips Tetap Semangat Hari Pertama Kerja Usai Libur Panjang

Jurnalis: Sholeh
Editor: Gumilang

13 April 2024 14:00 13 Apr 2024 14:00

Thumbnail Tips Tetap Semangat Hari Pertama Kerja Usai Libur Panjang Watermark Ketik
Karyawan Telkom. (Foto: Ig telkomindonesia)

KETIK, BATU – Setelah libur panjang, tak sedikit dari kita yang bermalas-malasan untuk mengawali bekerja. Apalagi setelah libur lebaran, yang sebagian besar orang Indonesia mudik ke kampung halaman. Tentunya akan menjadi tantangan tersendiri untuk kembali ke Kota dan kembali bekerja. 

Bahkan, bagi kamu yang harus kembali ke Jakarta dari kampung halaman dengan kendaraan pribadi akan sangat melelahkan. Karena, melawan kemacetan di jalan raya. Tentu hal itu, akan mempengaruhi produktivitas kerja di hari pertama setelah libur hari raya.

Memang, Biasanya perusahaan menggelar hal bihalal setelah hari raya Idul Fitri. Tapi itu tidak di hari pertama masuk kerja. 

Untuk mengatasi perasaan malas kerja setelah libur panjang, ketik.co.id akan memberikan kiat supaya kamu tetap semangat di hari pertama kerja.

1. Jangan Memforsir Tenaga Saat Balik Ke Kota 

Kebanyakan dari pemudik, biasa balik ke kota mepet di hari masuk kerja. Biasanya besuk kerja, hari ini baru berangkat. tentu, hal ini akan membuat kamu terburu buru yang akhirnya menghabiskan banyak tenaga karena mengejar waktu. 

2. Balik ke Kota jauh hari sebelum masuk kerja

Pulang ke Kota jauh hari mungkin bisa menjadi pilihan supaya kamu tetap semangat masuk pertama kerja. Hal itu karena kamu banyak memiliki banyak waktu istirahat setelah mudik. Memang ada waktu yang dikorbankan saat bersama keluarga di kampung halaman. Namun, pilihan ini patut kamu coba supaya tetap semangat di hari pertama kerja.

3. Tidur cukup sebelum hari pertama kerja 

Agar kamu bisa mencegah malas bekerja di hari pertama, tidur yang cukup tidak bisa disepelekan. Kemungkinan kamu bisa menjadi tidak produktif dan kesulitan menyelesaikan pekerjaan karena rasa ngantuk menyerang. 

Selain itu, kurang tidur juga bisa menurunkan konsentrasi dan fokus. Oleh karena itu, sesaat tiba dari mudik segeralah istirahat, agar tenaga pulih di keesokan hari. 

4. Datang ke Tempat Kerja Lebih Awal

Hal ini agar kamu memiliki waktu untuk menyapa teman kerja sebelum memulai aktivitas. Libur panjang pasti membuat kamu dan teman kerja tidak ketemu dalam waktu lama. Sehingga, hari pertama kerja juga sebagai ajang kangen kangenan. Berbincang bincang dengan teman dimungkinkan bisa menambah semangat mu untuk bekerja 

5. Mulai dari pekerjaan ringan

Mulailah dari hal kecil untuk mencegah malas bekerja di hari pertama. Kadang, melihat pekerjaan yang menumpuk setelah ditinggal libur panjang dapat menurunkan semangat kerja. Maka, awalilah hari pertama kerja dengan mengerjakan tugas tugas ringan terlebih dahulu.

Demikian, Tips supaya kamu tetap semangat masuk kerja di hari pertama setelah libur panjang. (*)

 

 

 

 

Tombol Google News

Tags:

tips hari pertama kerja Libur panjang