Trending Sepekan: Deretan Caleg Berpotensi Lolos ke Senayan hingga Kadis PUPR Kota Malang Diduga Main TikTok saat Dialog

Jurnalis: Mustopa
Editor: Marno

25 Februari 2024 14:52 25 Feb 2024 14:52

Thumbnail Trending Sepekan: Deretan Caleg Berpotensi Lolos ke Senayan hingga Kadis PUPR Kota Malang Diduga Main TikTok saat Dialog Watermark Ketik
(Grafis: Rihad Humala/Ketik)

KETIK, JAKARTA – Berita trending pekan ini didominasi hasil rekapitulasi suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Baik profil calon legislatif yang berpotensi lolos ke Senayan hingga informasi perolehan suara sejumlah politisi di Jawa Timur.

Satu-satunya berita yang tidak terkait pemilu dan disukai pembaca adalah informasi soal Kadis PUPR Kota Malang yang terekam main TikTok saat Pj Wali Kota tengah berdialog.

Berikut 5 berita trending sepekan pilihan redaksi:

1. https://ketik.co.id/berita/dipastikan-lolos-ke-senayan-intip-profil-irjen-pol-p-frederik-kalalembang

Dari update terbaru real count KPU sementara yang terus berproses hingga Rabu siang, 21 Februari 2024 pukul 14.00 Wita, untuk Caleg DPR RI Dapil Sulsel 3 (Pinrang Luwu Raya, Toraja, Enrekang, dan Sidrap), dari Partai Demokrat semakin memantapkan Irjen Pol (P) Frederik Kalalembang (JFK) unggul dari petahana Muhammad Dhevy Bijak Pawindu.

Figur baru caleg DPR RI Partai Demokrat, Irjen Pol (P) Frederik Kalalembang ini semakin jauh unggul dengan jumlah suara 28.424, sementara petahana Dhevy Bijak 26.587 suara. Ada selisih 1.837 suara.

Kini dia pun selangkah lagi lolos ke Senayan, Jakarta, dia kini berada di posisi peraih kursi kelima dari tujuh jatah kursi DPR RI Dapil Sulsel 3.

2https://ketik.co.id/berita/otw-senayan-ini-sebaran-jatah-87-kursi-dpr-ri-dari-11-dapil-jatim-di-pemilu-2024

Tersedia 87 kursi DPR RI untuk Provinsi Jawa Timur pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 ini. Saat ini penghitungan suara masih On the Way (OTW) atau dalam tahap rekapitulasi oleh KPU RI yang penetapannya dilakukan 20 Maret mendatang.

Dari 11 dapil di Jatim untuk DPR RI, jumlah kursi terbanyak terdapat pada Dapil I dan Dapil VIII dengan kuota masing-masing 10 kursi.

Dapil Jatim I meliputi dua wilayah, yakni Kota Surabaya dan Kabupaten Sidoarjo.

Sementara Dapil Jatim VIII meliputi enam wilayah yakni Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Jombang, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Madiun, Kota Mojokerto, dan Kota Madiun.

3. https://ketik.co.id/berita/berikut-perolehan-suara-terbanyak-dari-setiap-dapil-di-surabaya-baktiono-teratas

Proses penghitungan suara hasil Pilihan umum (Pemilu) 2024 masih berlangsung. Namun, dari hasil penghitungan sementara, sejumlah nama calon legislatif bisa dipastikan akan lolos menjadi wakil rakyat. Seperti suara yang proses persaingannya cukup dinamis untuk menduduki peringkat pertama menjadi anggota DPRD Kota Surabaya.

Berikut ini rekap dari Ketik.co.id dari perhitungan suara real count dari KPU.go.id per Kamis (21/2/2024) pukul 15.00 WIB data masuk 58,04 persen atau 946 dari 1630 TPS.

Di Dapil 2 dan memiliki suara teratas juga terbanyak dari Incumbent Baktiono berasal dari PDIP.

4. https://ketik.co.id/berita/perolehan-suara-sementara-caleg-dpr-ri-malang-raya-sekjen-pkb-raih-suara-tertinggi

Progres rekapitulasi suara Caleg DPR RI Malang Raya atau dapil Jatim V sudah mencapai 51,24 persen ketika dipantau melalui situs resmi KPU Pemilu 2024, Minggu, (18/2/204). Sekjen PKB Muh Hasanudin Wahid, untuk sementara memperoleh suara tertinggi.

Cak Udin sapaan akrabnya sementara meraih 53.746 suara. Kemudian disusul pembalap sekaligus politisi Gerindra Moreno Soeprapto dengan meraih 52.144 suara. Politisi Gerindra lainnya menempati posisi ketiga dengan 44.562 suara.

Selanjutnya pemuda bertalenta dan telah akrab mendapat penghargaan internasional dari PKS, yakni dr Gamal meraih 36.807 suara. Selanjutnya mantan Ketua DPC PKB Kabupaten Malang, H Ali Ahmad memperoleh 34.985 suara.

5. https://ketik.co.id/berita/kadis-pupr-diduga-asyik-lihat-video-tiktok-saat-pj-wali-kota-malang-dialog-dengan-warga

Bukannya memperhatikan penyampaian Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat, pejabat ini diduga asyik melihat video TikTok. Peristiwa ini terjadi ketika Pj Wali Kota Malang berdialog dengan warga Cemorokandang, Selasa, (20/2/2024).

Pejabat yang diduga lihat video TikTok tersebut adalah Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang Perumahan, dan Kawasan Permukiman (PUPRPKP) Kota Malang, Dandung Julhardjanto.

Foto dirinya diduga sedang melihat video TikTok ketika Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat berdialog dengan warga, beredar di pesan aplikasi WhatsApp. Pada foto itu, pria berkacamata ini memang tampak melihat HP.(*)

Tombol Google News

Tags:

Trending Sepekan pemilu 2024 Rekapitulasi dapil jatim