Umat Islam Wajib Tahu, Ini Lima Manfaat Silaturahmi 

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Marno

23 April 2023 22:00 23 Apr 2023 22:00

Thumbnail Umat Islam Wajib Tahu, Ini Lima Manfaat Silaturahmi  Watermark Ketik
Silaturahmi bersama keluarga. (Foto: Shutterstock) 

KETIK, SURABAYA – Silaturahmi adalah mempererat tali persahabatan yang sering dilakukan, terutama bagi umat Islam saat sedang melaksanakan hari raya Idulfitri 1444 H. 

Silaturahmi adalah salah satu ajaran yang diperintahkan oleh Allah. Dalam sebuah hadits bahkan Rasulullah menyebutkan bahwa orang yang menyambung tali silaturahim adalah orang yang beriman kepada hari akhir. 

Dengan begitu, ternyata banyak keuntungan dan manfaat yang bisa didapatkan. Sekarang, mari kita cari tahu apa saja manfaat persahabatan jika dilakukan dengan niat yang tulus dan ikhlas. 

Ini lima manfaat silaturahmi menurut Islam.

1. Memperpanjang umur dan rezeki 

Manfaat silaturahmi adalah dapat memperpanjang umur dan meningkatkan rezeki. Mengunjungi anggota keluarga dan orang-orang terkasih merupakan salah satu cara untuk menciptakan keharmonisan dan kedekatan. Selain itu, persahabatan adalah praktik dengan nilai pahala yang besar. 

Sebagaimana disebutkan dalam hadits berikut, Rasulullah SAW bersabda: 

Barangsiapa yang ingin diluaskan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, maka sambunglah tali silaturahmi,” (HR. Bukhari – Muslim). 

2. Mendekatkan diri kepada Allah SWT 

Membangun silaturahmi dengan sesama juga merupakan salah satu cara kita mendekatkan diri kepada Allah SWT. Pasalnya, ketika kita ingin melanjutkan silaturahmi dan memperlakukan orang dengan baik, itu berarti kita telah memenuhi perintah Allah SWT. 

Riwayat Abu Hurairah ia mengatakan bahwa sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda. 

"Sesungguhnya Allah SWT menciptakan makhluk, hingga apabila Dia selesai dari (menciptakan) mereka, rahim berdiri seraya berkata: ini adalah kedudukan orang yang berlindung denganMu dari memutuskan. Dia berfirman: “Benar, apakah engkau ridha jika Aku menyambung orang yang menyambung engkau dan memutuskan orang yang memutuskan engkau?” Ia menjawab: iya. Dia berfirman: “Itulah untukmu.” 

3. Menghilangkan perselisihan 

Seringkali perselisihan antar saudara maupun kerabat terjadi, bisa karena perbedaan pilihan, prinsip atau bahkan masalah ekonomi. Meski demikian Allah melarang untuk memutuskan hubungan tali silaturahmi. 

Salah satu bentuk hikmah silaturahmi dalam islam adalah dapat menghilangkan perselisihan yang sedang terjadi. Dengan saling bertegur sapa, bukan tidak mungkin masalah akan dapat diselesaikan dengan baik-baik. 

4. Mendapatkan rahmat 

Mencari rahmat Allah adalah bentuk usaha kita sebagai umat muslim untuk mendapatkan tempat terbaik di yaummul akhir nanti. Salah satu amalan yang paling mudah agar mendapat rahmat Allah adalah dengan menyambung tali silaturrahim, sebagaimana hadits berikut: 

Allah berfirman: “Aku adalah Mahapengasih dan ia adalah Rahim, nama itu diambil dari bagian nama-Ku, siapa yang menyambungnya, maka Aku memberikan rahmat-Ku kepadanya, dan siapa yang memutuskannya, maka Aku memutuskan rahmat-Ku darinya.” (HR Abu Dawud) 

5. Masuk Surga 

Tidak ada balasan lain yang lebih besar balasannya daripada surga. Menyambung tali silaturahmi bukan hanya sekadar urusan kita dengan kerabat, tetapi juga sebagai bentuk ikhtiar dan ketaatan atas apa yang Allah perintahkan. Berikut merupakan sebuah hadits yang menyampaikan bahwa balasan dari menyambung tali silaturahmi adalah masuk surga: 

Wahai manusia, tebarkanlah salam, berilah makan, sambunglah tali persaudaraan, shalatlah di malam hari ketika manusia terlelap tidur, niscaya kalian masuk surga dengan selamat.” (H.R Ibnu Majah). (*)

Tombol Google News

Tags:

Silturahmi Idulfitri 1444h manfaat hadist Rasulullah