Unesa Tembus Kampus Top 10 Nasional Kategori International Outlook, Apa Maksudnya?

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

3 Oktober 2023 08:16 3 Okt 2023 08:16

Thumbnail Unesa Tembus Kampus Top 10 Nasional Kategori International Outlook, Apa Maksudnya? Watermark Ketik
Kampus Unesa Lidah Kulon. (Foto: Dok Unesa)

KETIK, SURABAYA – Universitas Negeri Surabaya (Unesa) berhasil menduduki peringkat 10 nasional dan peringkat 1.501+ dunia untuk kategori international outlook dengan capaian nilai 35.5 dari skor tertinggi perguruan tinggi dunia 98.8.

Peingkat ini dirilis oleh Times Higher Education World University Ranking (THE WUR) 2024 bersamaan dengan event THE World University Summit 2023 di University of Sydney.

Direktur Inovasi Pemeringkatan dan Publikasi Ilmiah Unesa, Nadi Suprapto mengatakan kategori international outlook diukur dari proporsi staf internasional, penulisan kolaborasi internasional, dan mahasiswa internasional di perguruan tinggi. Indikator ini secara nasional, UNESA terbilang bagus, karena ditopang student mobility yang tinggi.

"Kami unggul di indikator international outlook, masuk top 10 nasional dan rangking 1.315 dunia," ucap Prof. Nadi Suprapto, Senin (2/10/2023).

Guru besar FMIPA ini menambahkan saat ini secara umum Unesa menduduki peringkat ke-17 nasional dan 1.501+ dunia. Pencapaian ini merupakan lompatan yang sangat besar yang berhasil diraih oleh Unesa pada tahun 2023 ini.

Hasil tersebut menjadi motivasi bagi Unesa untuk terus meningkatkan peringkatnya di level dunia. Adapun beberapa aspek yang perlu ditingkatkan lagi yaitu indikator teaching, research dan industry income. Selain itu, aspek sitasi juga menjadi perhatian khusus.

“Alhamdulillah atas dukungan semua pihak, para pimpinan rektorat hingga fakultas dan prodi, seluruh civitas akademika, UNESA mampu masuk dalam peringkat perguruan tinggi dunia,” tambahnya.

Ke depan Unesa menargetkan meraih posisi 500 besar universitas dunia pada pemeringkatan QS. Target ini merupakan rencana jangka yang akan dicapai secara bertahap. Diperlukan kerja sama antar banyak pihak mulai mahasiswa, dosennya, tendiknya, bagian pemeringkatan, branding.

"Indikator Times Higher Education maupun Quacquarelli Symonds (QS) itukan menuntut semuanya harus terlibat. Jadi tidak bisa hanya manajemen saja. Tetapi keseluruhan stakeholder di Universitas," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Unesa pendidikan tinggi Internasional Outlook The WUR Quacquarelli Symonds Diktiristek