Usai Bertemu Bupati Pangandaran, Ini Reaksi Husein

Jurnalis: Marno
Editor: Rudi

11 Mei 2023 23:58 11 Mei 2023 23:58

Thumbnail Usai Bertemu Bupati Pangandaran, Ini Reaksi Husein Watermark Ketik
Bupati Jeje Wiradinata dan Husein Ali Rafsanjani saat diwawancarai wartawan. (Foto: Tangkapan layar YouTube)

KETIK, PANGANDARAN – Guru SMPN 2 Pangandaran Husein Ali Rafsanjani, yang viral mengungkap pungli saat Latihan Dasar (Latsar) CPNS 2020, akhirnya bisa bertemu dengan Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata, Kamis (11/5/2023).

Seusai pertemuan selama satu jam, Husein menyatakan siap kembali menjadi guru. Sebelumnya, dia mengajukan pengunduran diri sebagai PNS karena diintimidasi.

Tekanan itu dilakukan belasan orang di Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Pangandaran, setelah dia melaporkan dugaan pungli ke lapor.go.id. 

Husein yang diundang Bupati Jeje itu tiba dengan naik mobil Avanza putih bernomor polisi Z 1032 U. Kedatangan pria berkaca mata itu disambut bupati di rumah dinasnya di Kecamatan Parigi.

"Saya mau mendengarkan Kang Husein, saya hanya berdua, wartawan tidak boleh masuk," ujar Jeje di halaman pendopo Bupati Pangandaran, Kamis (11/5/2023) pukul 14.40 WIB.

Pertemuan Bupati Jeje dengan guru muda ini lebih bicara soal personal. "Saya banyak cerita dengan Kang Husein, siapa saya dan saya baru sangat mendalami Kang Husein,” ujar Jeje kepada wartawan.

Ia menilai Husien itu anak muda yang punya kapasitas lebih dari usianya.“Senang hati menerimanya, dari hati ke hati, tidak sebagai bupati dan ASN, lebih kepada sama-sama bagaimana memikirkan Pangandaran ke depanya,” jelasnya.

Bupati Jeje menginginkan Husein tetap mengajar di Pangandaran. “Saya sih ingin Kang Husein tetap di Pangandaran, mengajar dengan baik.

Tapi Kang Husein ingin seperti apa, kita diskusi. Terlebih di SMPN 2 Pangandaran tidak ada guru kesenian,” ujarnya.

Terkai pengunduran diri Husein, Jeje menjawab pengangkatan dan pemberhentian PNS harus mendapat aspek legal dari bupati. "Tapi kan, saya belum neken. Tentu saya anggap dia masih ASN di Pangandaran," jelasnya.

Foto Husein Ali Rafsanjani saat mengajar di kelas. (Foto: Instagram @husein_ar)Husein Ali Rafsanjani saat mengajar di kelas. (Foto: Instagram @husein_ar)

Mengenai dugaan pungli waktu Latsar CPNS 2020, Jeje mengatakan akan mengevaluasinya, terutama pungli. "Ini kan menjadi perhatian publik, tentu menjadi momentum perbaikan  Pangadaran," ujarnya.  

Sementara itu, Husein mengaku grogi bertemu dengan Bupati Pangandaran. Apalagi dia sebagai guru, tak menyangka bisa bertemu dengan orang nomor satu di Pangandaran. 

"Ngobrol soal background beliau (bupati) anak nelayan. Jadi bukan saya saja yang dulu miskin," kata Husein

Husein mengaku ingin tetap menjadi guru. Namun, ia tidak memastikan akan kembali mengajar di mana. Selain permintaan Bupati Jeje, agar Husein kembali mengajar di Pangandaran, ada opsi lain.

Sebelumnya, Husein sempat bertemu dengan Gubernur Jawa Tengah Ridwan Kamil, ditawari mengajar SMA di Bandung. Terkait kedua opsi tersebut, ia akan mempertimbangkannya terlebih dahulu.

 “Saya belum bisa bilang menjadi guru di mana. Pokoknya akan tetap jadi guru. Intinya saya jadi guru,” ujar Husein. 

Seperti diketahui, kasus Husein ini viral setelah dia curhat soal dugaan pungli saat mengikuti Latsar CPNS 2020 di akun Instagramnya. Husein mengaku diminta membayar transport Rp 370 ribu, seharusnya biaya transport sudah ada anggarannya.

Setelah itu, Husein kembali disuruh membayar Rp 300 ribu. Sedangkan gajinya tiga bulan yang dirapel  belum cair. Akhirnya karena jengkel, Husein melapor ke lapor.go.id. (*)

Tombol Google News

Tags:

Husein Rafsanjani Husein Husein Ali Rafsanjani guru pangandaran guru viral Bupati Pangandaran