Wujudkan Smart Public Service, Pemkot Ambon Hadirkan TTE Sebagai Inovasi Birokrasi

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

20 Februari 2024 05:05 20 Feb 2024 05:05

Thumbnail Wujudkan Smart Public Service, Pemkot Ambon Hadirkan TTE Sebagai Inovasi Birokrasi Watermark Ketik
Plt. Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Kota Ambon, Ronald H. Lekransy. (Foto: Pemkot Ambon)

KETIK, AMBON – Di tengah perkembangan teknologi yang semakin masif, Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon berupaya menghadirkan inovasi untuk meningkatkan pelayanan. Pelayanan tentunya menggunakan teknologi informasi dan komunikasi yang sudah semakin canggih.

Plt. Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Kota Ambon, Ronald H. Lekransy mengatakan,.satu bentuk inovasi tersebut adalah penggunaan Tandatangan Elektronik (TTE). Hal ini tentu akan semakin memudahkan urusan administrasi birokrasi dan juga pemberian pelayanan kepada masyarakat.

"Sebagai bagian dari Smart Public Service, Pemkot Ambon saat ini mendorong penggunaan teknolohi TTE agar proses pelayanan menjadi semakin cepat dan efisien," ujar Ronald, Selasa (20/2/2024).

Ronald menambahkan, di lingkup Pemkot, proses pendaftaran Akun TTE bagi Pimpinan OPD sudah dilakukan pada Desember 2023 lalu, dan dilanjutkan untuk para Lurah pada awal Januari tahun ini.

Selanjutnya dilakukan sosialisasi penggunaan TTE dan pemanfaatan TTE pada Aplikasi SRIKANDI (Sistem Informasi Kearsipan Terintegrasi dan Dinamis) melibatkan Dinas Kominfo dan Persandian, serta Dinas Perpustakaan dan kearsipan Kota Ambon.

"Aplikasi ini merupakan hasil Kolaborasi Kemenpan-RB, Kemenkominfo, BSSN, dan ANRI, yang dimanfaatkan oleh instansi pusat maupun pemerintah daerah dengan keamanan data yang sudah terstandar dan terintegrasi," tambahnya.

Sebagai langkah awal, saat ini teknologi TTE telah dimanfaatkan oleh Pj. Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena melalui Aplikasi SI-ASN milik Badan Kepegawaian Negara untuk Pelayanan SK Kenaikan Pangkat PNS Golongan Ill/d dan SK Pensiun. 

"Disamping itu juga penandatanganan 1600 SK Pegawai Kontrak, yang dilakukan oleh Sekretaris Kota (Sekkot) Ambon, Agus Ririmasse," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Inovasi teknologi Komunikasi informasi Pemkot Ambon TTE