Jangan Bingung, Ini Perbedaan Kapal Penumpang dan Barang

Jurnalis: Arief
Editor: Rudi

25 Mei 2023 20:10 25 Mei 2023 20:10

Thumbnail Jangan Bingung, Ini Perbedaan Kapal Penumpang dan Barang Watermark Ketik
Kapal peti kemas saat melakukan bongkar muat di pelabuhan Kuala Namu. (Foto SPTP for Ketik.co.id)

KETIK, JAKARTA – Bila Anda berada di pelabuhan besar, akan terlihat lalu lalang kapal yang ukuran dan jenisnya sangat mirip. Sementara pelabuhan besar menjadi tempat bongkar muat barang maupun hilir mudik penumpang dan kendaraan yang keluar dari kapal.

Anda akan bertanya-tanya sepintas kapal yang singgah sangat mirip namun muatannya berbeda. Misalnya kapal yang sanggup membawa penumpang orang dan kendaraan, serta kapal yang hanya memuat penumpang saja. Berikut jenis kapal yang perlu Anda ketahui:

General Cargo

Secara umum kapal ini sanggup membawa berbagai jenis barang baik kemasan maupun curah. Jenis ini sebetulnya terbagi dalam dua, yakni multipurpose dan breakbulk.

Multipurpose vessel adalah kapal serbaguna lantara bisa membawa besi, baja, bahan makanan hingga peralatan mesin industri atau pabrik. Sedangkan breakbulk hanya memuat barang curah kering. Seperti tepung, beras, gandum, gula atau barang dalam kemasan.

Dari kejauhan tidak terlihat adanya muatan. Tetapi untuk lebih memudahkan kapal ini dilengkapi  ship crane yang menjulang.

Container Vessel

Bisa juga disebut kapal peti kemas. Dari bentuknya kapal ini hanya memuat peti kemas atau kontainer. Kapal peti kemas jauh lebih efektif dibanding kapal kargo dari sisi muatan maupun penanganan di pelabuhan atau terminal.

Sangat mudah mengenali kapal ini karena dari kejauhan terlihat kotak-kotak peti kemas yang ditumpuk.Foto Kapal curah kering saat sandar di Pelabuhan Teluk Lamong. (Foto: TTL for Ketik.co.id)Kapal curah kering saat sandar di Pelabuhan Teluk Lamong. (Foto: TTL for Ketik.co.id)

Kapal Curah Cair

Di Indonesia kapal ini juga disebut sebagai kapal tangker dan hanya membawa muatan berbahan cair. Misalnya BBM, minyak goreng, bahan kimia, atau gas cair. Di dek kapal terdapat pipa untuk menyalurkan muatan ke tangki timbun di sekitar pelabuhan.

Kapal Roro

Roro adalah jenis kapal penumpang yang bisa membawa barang maupun kendaraan berbagai jenis. Kapal jenis ini paling banyak beroperasi di penyeberangan atau pelabuhan besar yang memiliki jaringan transportasi penumpang antarpulau.

Misalnya, penyeberangan Merak-Bakauheni, Ketapang-Gilimanuk, Padangbay-Lembar, Tanjung Perak, Makassar, Tanjung Emas, Tanjung Priok, dan pelabuhan besar lainnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

peti kemas general cargo Pelabuhan Tanjung perak kapal tangker