PLUT akan Direvitalisasi, Dijadikan Ruang Display Produk UMKM Kota Batu

Jurnalis: Sholeh
Editor: Gumilang

30 Januari 2024 11:00 30 Jan 2024 11:00

Thumbnail PLUT akan Direvitalisasi, Dijadikan Ruang Display Produk UMKM Kota Batu Watermark Ketik
Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai dalam suatu kesempatan meninjau pameran produk UMKM di PLUT Kota Batu. (Foto: Prokopim Kota Batu)

KETIK, BATU – Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai menyatakan perlu dilakukan revitalisasi gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Kota Batu. Hal itu sebagai sebagai upaya dalam meningkatkan perekonomian daerah. 

Keberadaan gedung yang berada di Jl Abdul Gani Atas Kota Batu tersebut, merupakan salah satu bagian penting dalam pengembangan ide dan kreativitas usaha di Kota Batu. 

Revitalisasi itu salah satunya berupa penambahan ruang display untuk memamerkan produk UMKM Kota Batu. "Dengan banyaknya produk UMKM yang dipajang di display, maka akan semakin banyak menarik pengunjung untuk datang," katanya, Selasa (30/1/2024).

Menurutnya, Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan Pemkot Batu terus berupaya mengembangkan keberadaan PKL dan UMKM. Salah satunya mendorong agar para pelaku UMKM turut mengadopsi sistem pemasaran berbasis teknologi.

"Dengan menggunakan sistem pemasaran berbasis teknologi. Maka UMKM akan mampu menjangkau pasar lebih luas," tutur Aries. 

Pemkot Batu telah melakukan kerja sama dengan para penyedia toko online dan jasa transportasi atau ojek online untuk mendorong terwujudnya digitalisasi pada UMKM. Yaitu dengan bekerja sama dengan PT Grab Teknologi dengan mengusung program Kota Masa Depan (KMD). 

"Selain itu, PLUT juga memberikan sosialisasi dan wawasan tata cara ekspor kepada para pelaku UMKM dengan menggandeng PT Angkasa Pura Logistik," tambah Aries. (*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu Pusat Layanan Usaha Terpadu Kota Batu PLUT UMKM