14 Ribu Siswa Ikuti UTBK di Universitas Airlangga Surabaya

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Muhammad Faizin

30 April 2024 10:30 30 Apr 2024 10:30

Thumbnail 14 Ribu Siswa Ikuti UTBK di Universitas Airlangga Surabaya Watermark Ketik
Suasana UTBK di Unair. (Foto: Shinta Miranda/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Sebagai salah satu pusat penyelenggara Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) nasional, Universitas Airlangga menerima sebanyak 14.516 siswa pada Selasa, (30/4/2024).

UTBK di Unair akan berlangsung selama dua gelombang. Gelombang pertama pada 30 April 2024 dan 2-7 Mei 2024. Gelombang kedua 14-15 Mei 2024.

Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni Prof Bambang Sektiari Lukiswanto Drh DEA menjelaskan, lokasi UTBK tersebar di Kampus Dharmahusada A, Kampus Dharmawangsa B, dan Kampus Merr C.

"Terjadi peningkatan jumlah pendaftar untuk Vokasi dalam UTBK kali ini. Mengingat, peserta dapat memilih maksimal empat prodi, dua di antaranya harus vokasi, program studi D3 atau D4,” ujarnya.

Sementara untuk aturan UTBK kali ini, Bambang mengaku, tidak ada aturan yang berbeda jika dibandingkan dengan tahun lalu untuk mengantisipasi kecurangan.

"Untuk aturan masih sama tidak ada perbedaan yang mendasar intinya, tidak boleh curang, terlambat dan tak boleh membawa alat tulis dan elektronik," ungkapnya.

Selian itu, Unair juga mewajibkan calon mahasiswa untuk menggunakan alas kaki sendiri, dengan larangan mengenakan sepatu.

"Sepatu mulai tahun kemarin, kami sediakan alas kaki sendiri ga boleh sepatu," imbuhnya.

Bambang turut menegaskan bahwa Unair sangat serius dalam mencegah kecurangan selama pelaksanaan UTBK. Yakni dengan pengawasan yang ketat melalui penggunaan CCTV serta kehadiran pengawas di setiap ruangan ujian.

"Unair relatif dianggap pusat UTBK ketat sehingga para pengawas kita berikan pembekalan sebaik-baiknya dan kami kembangkan sistem pengawasan melalui cctv bisa kuta amati dari sekretariat UTBK dan di samping ada pengawas di ruangan," pungkasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

UTBK UTBK Unair gelombang kedua UTBK Wakil Rektor Bidang Akademik Bambang Sektiari Lukiswanto Kampus c unair Ujian Tulis Berbasis Komputer