250 Perserta Gowes Kemerdekaan 79 RI Jalani Napak Tilas di Surabaya-Mojokerto

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: Muhammad Faizin

24 Agustus 2024 09:50 24 Agt 2024 09:50

Thumbnail 250 Perserta Gowes Kemerdekaan 79 RI Jalani Napak Tilas di Surabaya-Mojokerto Watermark Ketik
Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono memberangkatkan Gowes Kemerdekaan Surabaya-Mojokerto di Halaman Gedung Negara Grahadi, Sabtu, 24 Agustus 2024. (Foto: Khaesar/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Sebanyak 250 peserta Road Bike II Gowes Kemerdekaan ke 79 Republik Indonesia (RI) di Halaman Gedung Negara Grahadi, Sabtu 24 Agustus 2024 diberangkatkan langsung oleh Penjabat (Pj) Gubernur Jatim, Adhy Karyono. Ajang ini sebagai salah satu napak tilas Surabaya-Mojokerto perjuang kemerdekaan.

“Gowes kemerdekaan ini pada dasarnya napak tilas dari Surabaya ke Mojokerto untuk mengingat perjuangan para pejuang kemerdekaan,” tegas Adhy.

Tidak hanya itu, Adhy menjelaskan gowes ini juga dilakukan dalam rangka menyemarakkan kemerdekaan RI melalui olahraga.

“Karena tajuknya adalah gowes kemerdekaan, maka kami sangat mendukung gowes kali ini dalam rangka memperingati kemerdekaaan RI ke 79,” ujar Adhy.

Dengan semangat itu, Pemprov Jatim mendorong masyarakat untuk melakukan kegiatan olahraga tersebut menjadi kebiasaan yang baik. “Kita dukung masyarakat melalui olahraga gowes. Kita dorong masyarakat untuk menjadikan olahraga sebagai habit,” tambahnya.

Adhy menegaskan ini juga merupakan tugas pemerintah untuk bisa meningkatkan praktek olahraga masyarakat. Pasalnya menciptakan perubahan pada masyarakat yang belum atau kurang mempunyai kebiasaan berolahraga tidak mudah.

“Tugas Pemerintah adalah untuk mengembangkan semangat berolahraga kepada masyarakat. Ini juga kebetulan menjelang PON XXI Aceh - Sumut yang sebentar lagi akan berlaga,” imbuh Adhy.

“Tentunya untuk menyemarakkan kontingen PON Jatim, kami mohon dukungan, doa dan support bagi kontingen Jawa Timur agar mendapatkan juara umum,” tambahnya.

Selanjutnya, Adhy juga menyampaikan melalui semangat bersepeda, peserta tidak hanya mendapat kebugaran dan kesehatan tapi juga kebahagiaan.

“Dengan semangat bersepeda, kami ingin masyarakat bisa memiliki badan sehat dan bugar. Pastinya agar lebih bahagia” tuturnya.

Di akhir, Adhy mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Agung Mulyono yang berinisasi mengadakan acara gowes kemerdekaan ini. Ia juga berpesan kepada peserta untuk menjaga ketertiban selama perjalanan.

“Mari jaga ketertiban dan keselamatan di jalan raya. Saya juga mohon Kapolda agar peserta bisa diantarkan dengan selamat sampai finish di Mojokerto,” ucap Adhy.

Sementara itu perwakilan anggota DPRD, Ketua Komisi D Agung Mulyono menyampaikan bahwa kegiatan gowes kemerdekaan merupakan kerjasama dengan Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Dispora).

“Ini adalah road gowes rutin yang setiap tahun kita lakukan. InsyaAllah kita selenggarakan lagi tahun depan. Tahun ini gowes bertema kemerdekaan nuansa Agustus merah putih karena bertepatan dengan peringatan 17 Agustus ke 79,” ujar Agung.

Ia juga berterima kasih kepada 250 cyclist yang sudah hadir dan berkesempatan melakukan finish di Mojokerto.

“Sekali lagi terima kasih semua yang hadir dan ikut gowes hari ini. Mestinya daftar list kita 250 orang, mudah mudahan sebagian nanti nyusul di jalan,” kata Agung.

Agung juga memastikan peserta Roadbike Community (RC) untuk tetap aman selama perjalanan. 

“Teman - teman RC tolong jangan ngebut. Kita gowes happy saja. Hari ini kita buat 3B, bikin sehat bikin happy bikin guyub,” tegasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Gowes Kemerdekaan Napak Tilas Surabaya-Mojokerto Gowes Pj Gubernur Jatim Pj Gubernur Adhy Adhy karyono Adhy