3 Tips Sukses Wawancara Kerja

Jurnalis: Mustopa
Editor: Muhammad Faizin

7 Agustus 2023 08:39 7 Agt 2023 08:39

Thumbnail 3 Tips Sukses Wawancara Kerja Watermark Ketik
Ilustrasi wawancara kerja (Foto: britishcouncil.org)

KETIK, JAKARTA – Wawancara merupakan proses penting yang harus dilalui saat melamar pekerjaan. Proses ini sangat menentukan apakah pelamar akan diterima bekerja atau justru ditolak.

Karena itu, wawancara harus benar-benar dipersiapkan dengan baik. Pada saat proses interview, anda harus bisa meyakinkan interviewer bahwa anda memang layak untuk diberi kesempatan.

Bagi anda yang hendak melakukan interview kerja, berikut 3 tips sukses wawancara kerja seperti dilansir britishcouncilfoundation:

Bangun Kesan yang Bagus

Pelamar harus memberikan kesan yang bagus kepada interviewer. Kesan pertama bisa memengaruhi penilaian perekrut yang bisa berdampak terhadap pengambilan keputusan.

Tunjukkan kesan kepada pewawancara bahwa anda yakin bisa melakukan pekerjaan untuk posisi yang dilamar. Tapi, bukan berarti anda tidak boleh gugup.

Menjawab dengan Jujur

Menjawab segala pertanyaan dengan jujur merupakan kewajiban dalam wawancara. Terutama ketika diminta untuk memaparkan prestasi dan pencapaian.

Tapi, usahakan jawaban yang diberikan tetap relevan dengan pertanyaan interviewer. Jangan sampai keluar dari topik meskipun anda cukup bersemangat untuk menjawabnya.

Jangan Sungkan Bertanya

Saat interview, jangan sungkan untuk menanyakan hal-hal yang belum jelas atau informasi detail terkait peran anda. Kemampuan dalam bertanya akan menunjukkan anda sebagai kandidat yang bagus.

Namun, sebelum mengajukan pertanyaan, penting untuk benar-benar menyimak penjelasan dari interviewer. Dari situ, anda bisa mendapatkan ide untuk membuat pertanyaan.(*)

Tombol Google News

Tags:

wawancara kerja interview tips