30 Peserta Lolos Seleksi Pimpinan Tinggi Pratama Pemkab Pacitan, Siap Adu Gagasan

Jurnalis: Al Ahmadi
Editor: M. Rifat

27 Juni 2023 11:32 27 Jun 2023 11:32

Thumbnail 30 Peserta Lolos Seleksi Pimpinan Tinggi Pratama Pemkab Pacitan, Siap Adu Gagasan Watermark Ketik
Pemaparan makalah oleh peserta dihadapan para tim seleksi, di kantor barat BKPSDM Pacitan. (Foto: Al Ahmadi/Ketik.co.id)

KETIK, PACITAN – Sebanyak 30 peserta lolos tahap administrasi Seleksi Terbuka (Selter) pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan. Kini seleksi memasuki tahap berikutnya, yakni adu gagasan dan pemaparan makalah.

Sekretaris Daerah (Sekda) Pacitan Heru Wiwoho mengharapkan integritas pada calon sesuai gagasan dan visi misi Bupati. Pun wajib mendukung program-program yang telah dicanangkan.

"Yang jelas integritas harus mendukung visi misi Bupati Pacitan maupun program-programnya," harap Heru, Selasa (27/6/2023).

Menurut Heru, hal itu dalam rangka mengejar target dan pencapaian Pemkab Pacitan. Pasalnya masa jabatan politik yang cukup pendek, dirasa perlu menyelaraskan gagasan tersebut.

"Apalagi kan masa untuk pencapaian target-targetnya juga cukup pendek," Imbuhnya.

Tahapan selanjutnya, papar Heru, makalah yang diajukan oleh peserta Selter sebagai persyaratan pendaftaran itu. Dalam tahapan ini, akan dilakukan pemaparan, guna mengkonfirmasi dan pendalaman lebih lanjut mengenai isi gagasan.

Foto Sekretaris Daerah (Sekda) Pacitan Heru Wiwoho saat diwawancarai. (Foto: Al Ahmadi/Ketik.co.id)Sekretaris Daerah (Sekda) Pacitan Heru Wiwoho saat diwawancarai. (Foto: Al Ahmadi/Ketik.co.id)

"Setelah tahapan administrasi, terus mereka menyampaikan makalah, kita pelajari dan kita butuh pendalaman dan konfirmasi, sehingga mereka kita undang untuk memaparkan dalam seleksi ini," paparnya.

Heru menambahkan, peserta pun dituntut memberikan ide dan gagasannya semaksimal mungkin. Hal demikian, melalui 5 sekmen di antaranya, proses penulisan, isi gagasan, analisis, data dan kesimpulan dari makalah.

"Ada 5 sesi, mulai dari bagaimana penulisannya, gagasannya, kemudian analisisnya, data dan yang terakhir bagaimana dirinya menyimpulkan," paparnya lagi.

Kepala Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Pacitan, Rudi Haryanto, menyampaikan, tahap pemaparan makalah ini, akan dan telah berlangsung selama 2 hari. Dimulai sejak Senin (26/6/2023), dan berakhir Selasa (27/6/2023).

"Alhamdulillah lancar, semua peserta hadir. Nanti juga masih ada 6 peserta lagi. Total pesertanya ada 30," katanya.

Rudi menambahkan, tercatat ada 30 peserta ikut dalam tahap ini, usai lolos seleksi administrasi lalu, yang berasal dari Aparatur Sipil Negara (ASN) kecamatan hingga kabupaten. Seleksi tersebut per lowongan dinas, akan diambil 4 peserta untuk mengikuti seleksi lanjutan di tingkat Provinsi.

"Masing-masing dinas nanti diambil 4 yang akan lanjut mengikuti untuk seleksi di Surabaya," tambahnya.

Seperti diketahui, enam jabatan yang saat ini masih kosong yakni kepala dinas kesehatan (Dinkes), dinas perdagangan, perindustrian dan tenaga kerja (Disdagnaker), dinas perhubungan (Dishub), dinas komunikasi dan informatika (Diskominfo), dinas ketahanan pangan dan pertanian (DKPP), asisten pemerintahan dan kesejahteraan rakyat.

Sebagai informasi, lowongan yang dipilih dari 30 peserta pendaftar tersebut, ialah, 4 untuk kepala Dinkes, 5 kepala Disdagnaker, 6 kepala Diskominfo, 5 kepala DKPP, 5 asisten pemerintahan dan kesejahteraan rakyat, 5 kepala Dishub. (*)

Tombol Google News

Tags:

Selter JPTP Pemkan Pacitan OPD Seleksi pimpinan tinggi pratama