7 Buah yang Cocok Dikonsumsi Saat Diet, Ngga Bikin BB Jadi Naik!

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: M. Rifat

8 Oktober 2023 00:12 8 Okt 2023 00:12

Thumbnail 7 Buah yang Cocok Dikonsumsi Saat Diet, Ngga Bikin BB Jadi Naik! Watermark Ketik
Beberapa buah yang cocok untuk diet. (Foto: Easy Family Recipes)

KETIK, SURABAYA – Buah-buahan dengan kandungan karbohidrat yang tinggi sebenarnya bisa menjadi alternatif yang baik sebagai asupan makanan dalam program diet. Ini karena mengonsumsi buah-buahan dapat memberikan tubuh asupan nutrisi yang seimbang.

Ada beberapa buah terbaik untuk menurunkan berat badan. Berikut di antaranya, mengutip berbagai sumber. 

1. Alpukat 

Alpukat juga bisa dijadikan sebagai buah pembakar lemak. Asam lemak tak jenuh pada alpukat telah terbukti dapat meningkatkan rasa kenyang.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients menunjukkan bahwa konsumsi alpukat membuat orang dengan kelebihan berat badan tak lagi merasa lapar setelah enam jam konsumsi.

2. Apel 

Apel adalah salah satu buah terbaik untuk diet. Mengutip Everyday Health, buah satu ini tinggi serat tapi rendah kalori. Hal ini membuat apel jadi pilihan bijak bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. 

Makanan dengan serat tinggi dapat membantu memperlambat pencernaan dan membuat Anda merasa lebih kenyang dalam waktu lama. Untuk rasa kenyang yang maksimal, jangan kupas kulit apel saat memakannya.

Foto Pisang menjadi buah yang cocok untuk diet karena memiliki kandungan B6. (Foto: Tumblr)Pisang menjadi buah yang cocok untuk diet karena memiliki kandungan B6. (Foto: Tumblr)

3. Pisang 

Pisang merupakan buah yang kaya akan vitamin B6. Vitamin ini dibutuhkan untuk membuat serotonin dalam otak.

Serotonin berfungsi mengurangi rasa sakit, menekan nafsu makan, dan membuat merasa relaks dan mengurangi ketegangan.

4. Plum 

Plum merupakan jenis buah sehat yang kerap disebut cocok untuk diet. Jenis buah sehat yang cocok untuk diet satu ini mengandung phytochemical yang disebut ferulic acid, yang memiliki senyawa antikanker.

Plum merupakan buah yang kaya serat dan potasium. 

5. Lemon 

Lemon yang memiliki rasa asam biasanya digunakan untuk campuran teh dan juga membuat jus.

Mengonsumsi lemon secara rutin akan memberikan suplai vitamin C yang banyak dan juga mencegah terjadinya pengendapan di dalam tubuh seperti yang terjadi di ginjal dan kandung kemih. 

Selain itu, lemon juga akan membantu kamu dalam menurunkan berat badan. 

6. Jeruk

Jeruk berukuran sedang menyediakan 3,14 gram serat. Namun, hal ini hanya berlaku jika Anda mengonsumsi jeruk secara utuh, tidak dalam bentuk jus. 

Jeruk juga sumber pectin yang berfungsi menurunkan tekanan darah dan termasuk buah rendah serat namun sumber vitamin C, dan folate. Vitamin C yang cukup tinggi juga meningkatkan penyerapan zat besi dan mencegah terjadinya anemia atau penyakit kekurangan sel darah merah. 

Foto Berbagai macam buah berry. (Foto: Freepik)Berbagai macam buah berry. (Foto: Freepik)

7. Macam-macam beri 

Buah beri merupakan pembangkit energi yang rendah kalori. Selain itu, buah ini juga terbukti mengenyangkan. 

Mengutip Healthline, sebuah studi kecil menemukan bahwa orang yang diberi camilan beri mengonsumsi makanan dengan kalori yang lebih sedikit pada makan berikutnya. 

Buah beri yaitu strawberry, blueberry dan blackberry dll. (*)

Tags:

buah buah diet buah rendah kalori Apel alpukat jeruk Lemon plum Buah Beri PISANG
04. Home Sidebar 1
06. Home Sidebar 3 21. Home Sidebar 4 04. Home Sidebar 1