Awas! Tidak Sembarang Kabel USB-C Cocok untuk Iphone 15

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

5 Desember 2023 03:20 5 Des 2023 03:20

Thumbnail Awas! Tidak Sembarang Kabel USB-C Cocok untuk Iphone 15 Watermark Ketik
Ilustrasi.(Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Setelah ditunggu-tunggu akhirnya Apple meluncurkan produk baru mereka yakni iphone 15. Peluncurannya sendiri lakukan pada event Wonderlust, di Cupertino, California, AS, yang ditayangkan langsung dari berbagai media live streaming Apple, (13/9/2023).

Salah satu upgrade terbesar yang dibawa Iphone 15 adalah penggunaan USB C sebagai port pengecasan dan transfer data untuk memenuhi standart Uni Eropa.

Dengan beralih dari port lightning, pengguna bebas menggunakan kabel dan charger dari pihak ketiga seperti di toko online. Namun ternyata tidak sembarang kabel USB yang bisa digunakan untuk mengecas iphone 15.

Kabel yang digunakan harus memiliki sertifikat MFi, sertifikat ini menjamin seluruh aksesoris yang digunakan dapat kompatibel dengan semua perangkat Apple. Oleh sebab itu kamu harus menggunakan kabel Android yang sudah mengantongi sertifikat MFi agar dapat digunakan untuk mengecas Iphone 15 mu.

Lebih rinci lagi selain kabel USB, Adaptor charger juga harus diperhatikan kapasitas dayanya. Karena seperti yang kita tahu jika di pasaran banyak beredar berbagai adaptor yang memiliki kapasitas yang berbeda-beda.

Untuk Apple biasanya menggunakan adaptor dengan kapasitas 20 watt. Jika ingin pengisian dayanya lebih cepat kamu dapat menggunakan adaptor dengan kapasitas 25 watt atau bahkan hingga 45 watt. Namun kembali lagi port USB-C milik iPhone 15 hanya bisa menerima daya hingga 27W, dengan kecepatan optimal pengecasan hanya sekitar 20 W.

Oleh sebab itu penggunaan kabel bawaan lebih disarankan karena tentu lebih aman dan sudah menyesuaikan kapasitas dari perangkat iphone 15. Namun jika tetap ingin menggunakan kabel lain, perhatikan selalu gunakan yang memiliki sertifikat MFi demi keamanan perangkat.(*)

Tombol Google News

Tags:

iPhone 15 Apple charger usb c sertifikat MFi