Banjir Lahar Semeru Masuk Sungai, Warga Diminta Waspada

Jurnalis: S. Widodo
Editor: Rudi

24 Maret 2023 15:06 24 Mar 2023 15:06

Thumbnail Banjir Lahar Semeru Masuk Sungai, Warga Diminta Waspada Watermark Ketik
Ilustrasi Gunung Semeru, hari ini (24/3) banjir lahar masuk ke sungai akibat hujan intensitas tinggi. (Foto: BPBD Lumajang)

KETIK, LUMAJANG – Banjir lahar Gunung Semeru mengalir ke beberapa sungai di sekitarnya akibat hujan yang deras dengan intensitas tinggi.

DetikJatim melaporkan bahwa banjir lahar Semeru mengalir ke Sungai Curah Kobokan dan Sungai Leprak di Lumajang.

Lahar mengalir setelah petugas setempat merekam 21 kali letusan gunung berapi Semeru dan satu kali gempa tektonik lokal.

Petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang mengimbau agar warga meningkatkan kewaspadaan karena status Gunung Semeru masih level 3 atau siaga.

"Jika terjadi hujan di Gunung Semeru bisa mengakibatkan banjir lahar Gunung Semeru. Status Gunung Semeru masih level 3 atau siaga," ujar Kepala BPBD Kabupaten Lumajang Patria Dwi Hastiadi kepada jurnalis, Jumat (24/3/2023).

Penduduk sekitar diminta agar tidak beraktivitas dalam radius 13 kilometer dari puncak Gunung Semeru serta menjauhi wilayah 500 meter dari pinggiran sungai yang dialiri banjir lahar Semeru.

"Masyarakat kami imbau tidak melakukan aktivitas sejauh 13 kilometer dari puncak serta 500 meter di kanan dan kiri sepadan sungai," kata Patria. (*)

Tombol Google News

Tags:

gunung Semeru banjir Lahar Hujan intensitas tinggi