Banjir Rob dan Gelombang Tinggi Terjang Pesisir Malang Selatan

Jurnalis: Gumilang
Editor: Marno

13 Maret 2024 23:30 13 Mar 2024 23:30

Thumbnail Banjir Rob dan Gelombang Tinggi Terjang Pesisir Malang Selatan Watermark Ketik
Kondisi Pantai Balekambang yang diterjang gelombang tinggi. (Foto : Jono for ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Cuaca ekstrem angin kencang menyebabkan sejumlah Pantai Malang Selatan diterjang banjir rob dan ombak tinggi, Rabu, (13/3/2024). Akibatnya, aktivitas wisata dan nelayan dalam mencari ikan menjadi sempat sedikit terganggu.

Setidaknya ada dua pantai yang diterjang banjir rob dan ombak tinggi. Yakni Pantai sekaligus Pelabuhan Sendangbiru, Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan (Sumawe)., Kabupaten Malang.

Kemudian Pantai Balekambang, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang. Pada video yang diterima ketik.co.id, ketinggian ombak di Pantai Balekambang lebih dari tiga meter.

Bahkan ombak pantai terlihat menggenangi spot foto yang ada di pantai tersebut. Sedangkan banjir rob terjadi di Pantai sekaligus Pelabuhan Sendangbiru. Banjir rob atau air laut masuk hingga sejauh 12 meter dari bibir pantai.

Petugas Pengelola Unit Pantai Balekambang Perumda Jasa Yasa Kabupaten Malang, Sujono mengatakan, memang sempat terjadi gelombang tinggi di Pantai Balekambang.

"Untuk Pantai Balekambang aman. Cuma banjir rob tadi pagi sekarang sudah normal," ujarnya kepada media nasional ketik.co.id. Lebih lanjut ia mengatakan secara keseluruhan kondisi aman.

"Cuaca dan gelombang sudah normal lagi," ucapnya. Sebelumnya BMKG Jatim merilis perkembangan kondisi terbaru perairan di pesisir selatan termasuk Malang Selatan.

BMKG Iklim Jatim telah mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi 2,5 meter hingga 4 meter di beberapa perairan Jawa Timur. Khususnya di perairan selatan dan Samudera Hindia. (*)

Tombol Google News

Tags:

Pesisir Pantai Malang Selatan Kabupaten Malang banjir rob Gelombang tinggi