Batik Kota Probolinggo Siap Tampil di JF3 Fashion Festival 2023

Jurnalis: Tunjung Mulyono
Editor: Marno

8 Juli 2023 22:14 8 Jul 2023 22:14

Thumbnail Batik Kota Probolinggo Siap Tampil di JF3 Fashion Festival 2023 Watermark Ketik
Para model saat mengenakan busana muslim dengan corak batik khas kota Probolinggo karya dari fashion desainer Lia Afif. (Foto: Humas Pemkot Probolinggo)

KETIK, PROBOLINGGO – Pemerintah Kota Probolinggo punya cara cerdik untuk mempromosikan batik khas di wilayahnya. Yakni dengan cara menggandeng fashion desainer nasional Lia Afif. Dia yang diajak berkolaborasi untuk membuat busana muslim yang akan ditampilkan di acara JF3 Fashion Festival 2023 di Jakarta pada Sabtu (22/7) mendatang.

Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin mengungkapkan, kolaborasi Pemkot dengan Fashion desainer nasional Lia Afif ini merupakan langkah awal untuk mengembangkan potensi batik khas Kota Probolinggo.

“Tentunya itu suatu langkah awal kita untuk terus mengembangkan potensi-potensi khususnya batik yang ada di Kota Probolinggo yang sangat aneka ragan. Keunikan dan lain-lainnya itu, bisa kita tampilkan, kita munculkan,” ungkapnya, Sabtu (8/7/2023).

Menurutnya lewat kolaborasi dengan desainer Lia Afif ini, Ia berharap agar para pembatik di Kota Probolinggo bisa semakin termotivasi untuk terus berkarya. “Harapannya agar para pembatik di Kota Probolinggo akan lebih termotivasi, dan lebih semangat lagi untuk terus berinovasi serta berkarya. Keunikan batik yang ada harus terus dikembangkan,” harapnya.

Senada, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil, Menengah dan Perdagangan (DKUMP) Kota Probolinggo Fitriawati mengatakan, bahwa batik Probolinggo tidak kalah dengan batik dari daerah lainnya. Untuk itu perlu adanya kolaborasi untuk mempromosikannya ke tingkat nasional bahkan internasional.

“Untuk mengenalkan batik khas Kota Probolinggo ini. Maka perlu adanya upaya promosi, yang salah satunya dengan bekerja sama desainer kenamaan Lia Afif. Nantinya baju hasil rancangannya itu akan ditampilkan di acara JF3 Fashion Festival akhir bulan ini,” katanya.

Sementara itu, Fashion Desainer Lia Afif mengaku telah mendesain dan membuat 15 busana batik muslim berbahan kain batik dari perajin UMKM Kota Probolinggo.

Disebutnya sebelum dibawa ke JF3 Fashion Festival, sebagian karya akan ditampilkan saat acara Kemilau Batik Kota Probolinggo. Bersama dengan karya 10 finalis Lomba Desain Busana Batik Muslim yang digelar oleh DKUMP Kota Probolinggo.

“Sebelum ikut JF3 Fashion Festival 2023. Baju-baju itu nantinya akan ditampilkan dulu di acara kemilau batik kota Probolinggo,” katanya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Batik Kota Probolinggo lia afif jf3 fashion festival