Berbagai Kegiatan Mewarnai Puncak Semarak HAB ke-78 Kantor Kemenag Sleman

Jurnalis: Fajar Rianto
Editor: Muhammad Faizin

4 Januari 2024 08:13 4 Jan 2024 08:13

Thumbnail Berbagai Kegiatan Mewarnai Puncak Semarak HAB ke-78 Kantor Kemenag Sleman Watermark Ketik
Sejumlah tokoh pemuka Agama turut hadir dan membacakan doa dalam kesempatan tersebut. Di antaranya KH Nurjamil Dimyathi-Islam, Pdt Heru Sumbodo, S Si, MA - Kristen, Ir AA Alit Mertayasa, MS, Ph.D - Hindu , Dr Hasto Bramantyo, MA - Budha dan Eka Putra-Konghuchu. (Foto: Kemenag Sleman)

KETIK, YOGYAKARTA – 'Indonesia Hebat Bersama Umat' merupakan
tema Hari Amal Bhakti (HAB) ke-78 Kementerian Agama Republik Indonesia tahun ini.

Terkait hal itu Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sleman, Rabu (03/01/2023), melaksanakan kegiatan tersebut di Museum Gunung Merapi, Sleman. Kegiatan puncak semarak Hari Amal Bhakti ke-78 Kemenag Sleman kali ini diawali dengan apel peringatan HAB.
Apel peringatan Hari Amal Bhakti ke-78 Kemenag RI ditandai potong tumpeng sebagai wujud persatuan dan kerukunan antara pemerintah dan tokoh agama untuk Persatuan Indonesia.

Dalam kesempatan ini Kepala Kantor Kemenag Sleman H Sidik Pramono, S Ag, M Si membacakan amanat Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas.
Sedangkan peserta apel terdiri dari unsur pejabat struktural dan fungsional, dan pegawai pada satuan kerja madrasah serta Kantor Urusan Agama di lingkungan Kemenag Sleman.

Dalam amanatnya, Menag menyampaikan bahwa Hari Amal Bakti tidak semata sebuah nama.
Namun di dalamnya terkandung harapan dan tekad untuk mencurahkan pengabdian kita kepada seluruh umat beragama.

Menag juga mengajak untuk terus meningkatkan semangat pengabdian dan perjuangan untuk mewujudkan segala cita dibentuknya Kementerian Agama. Tidak hanya itu, Menag juga mengingatkan agar selalu menjaga harmoni kehidupan beragama sebagai salah satu pilar kerukunan nasional. Juga membangun karakter bangsa melalui pendidikan agama.

"Maknanya kita harus membersamai umat untuk menuju Indonesia yang hebat. Sedangkan wujud dari membersamai umat adalah dengan memberikan layanan yang sebaik-baiknya kepada seluruh umat beragama," kata Sidik Pramono.

Di samping itu Menag juga meminta kepada ASN Kementerian Agama untuk membantu menciptakan suasana kondusif di tengah masyarakat, mengingat tahun ini adalah tahun politik.

Selain agenda utama, kegiatan puncak dirangkai dengan beberapa agenda lain.  Di anataranya bersih-bersih rumah ibadah (masjid, pura, wihara dan gereja). Penanaman pohon sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan. Penyerahan sertifikat wakaf. Selanjutnya dilakukan penyerahan hadiah lomba bola voly plastik Juara I diraih MTsN 1 Sleman. Juara II MAN 1 Sleman serta Juara III diraih MTsN 5 Sleman dan MAN 5 Sleman). Sementara untuk Lomba Video Kreasi Juara I diraih MTsN 8 Sleman, Juara II MAN 5 Sleman, Juara III MTs Irsyadul Anam Kalasan dan Most Popular Video diraih MTsN 2 Sleman. Serta sejumlah kegiatan lainnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Menag Kemenag RI Kantor Kemenag Sleman Hari Amal Bakti HAB ke-78