Dewan Juri AMSI Award 2023 Dipimpin Ketua Dewan Pers

Jurnalis: Mustopa
Editor: M. Rifat

20 Juli 2023 10:06 20 Jul 2023 10:06

Thumbnail Dewan Juri AMSI Award 2023 Dipimpin Ketua Dewan Pers Watermark Ketik
AMSI Award 2023 (Foto: AMSI)

KETIK, JAKARTA – Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) melakukan kick off penjurian sebagai penanda dimulainya rangkaian penting pelaksanaan AMSI Awards 2023.

Rapat yang digelar secara daring pada Selasa (18/7/2023) malam, dihadiri oleh dewan juri, perwakilan pengurus serta anggota tim teknis AMSI Award.

Dewan juri yang hadir di antaranya Ninik Rahayu (Ketua Dewan Pers), Yosep Adi Prasetyo (Ahli Hukum Pers), Ignatius Haryanto (Peneliti Media), dan Eric Sasono (Chief of Party Internews).

Pengurus diwakili Maryadi (Bendahara Umum AMSI), Suwarjono (Wakil Ketua AMSI), dan Adi Prasetya (Direktur Eksekutif AMSI). Sementara Praktisi Kehumasan yang juga Head of Corcomm PT Adaro Energy Tbk, Febriati Nadira berhalangan hadir.

Selain memulai kick off penjurian, para juri yang hadir sepakat untuk memilih dan menetapkan Ketua Dewan Pers, Ninik Rahayu sebagai ketua dewan juri. Ninik akan memimpin penjurian tahap kedua AMSI Award 2023 yang malam penganugrahannya akan berlangsung di Bandung pada 23 Agustus 2023 sebagai penutup acara Indonesia Digital Conference.

”Kita harapkan legasi dan kepakarannya bisa menjadi hakim untuk memilih peraih AMSI Awards. Pada 2 Agustus nanti, kami akan mengundang kembali dewan juri untuk bersidang secara offline,” kata Direktur Eksekutif AMSI, Adi Prasetya dalam rilis yang diterima Ketik.co.id.

Sebelumnya, AMSI telah melakukan penjurian atau seleksi tahap awal yang melibatkan lima juri internal dari pemimpin media dan mentor program media sustainability AMSI. Mereka adalah Wenseslaus Manggut (Chief Content Officer KLY), Amrie Hakim (Chief Media & Engagement Officer Hukum Online), Maryadi (Direktur Bisnis Katadata), Citra Dyah Prastuti (Pemred KBR), dan Suwarjono (CEO dan Pemred Suara).

Wakil Ketua AMSI sekaligus juri internal, Suwarjono mengatakan, ada banyak faktor yang menjadi pertimbangan dalam proses seleksi awal AMSI Awards 2023. Para juri tidak hanya fokus pada angka atau data yang disajikan peserta, tapi juga sejumlah aspek seperti keterwakilan wilayah, latar belakang medianya, keberagaman segmen media, dan intensitas mengikuti program media sustainability.

”Kami para juri internal selama ini melakukan mentoring, paham latar belakang dan kondisi media teman-teman. Kepada dewan juri eksternal, kami serahkan penilaian sepenuhnya. Harapannya tidak hanya menilai dari sisi metrik saja, tapi juga bisa lebih luas," jelas Suwarjono.

Ada enam kategori media nasional terbaik dan enam kategori media lokal terbaik yang akan diperebutkan dalam AMSI Award 2023 dan diikuti 75 media lokal dan 25 media nasional. Kategori yang dimaksud di antaranya kategori media dengan inovasi & pertumbuhan konten terbaik, media dengan pertumbuhan bisnis terbaik, media dengan distribusi konten terbaik, media dengan inovasi teknologi terbaik, media dengan pengelolaan manajemen terbaik, dan media dengan pertumbuhan brand terbaik.

Ketua Dewan Pers, Ninik Rahayu mengapresiasi pemberian AMSI Award yang sudah memasuki edisi kedua ini. Menurutnya penghargaan itu penting sebagai motivasi bagi pengelola media agar makin berkualitas dan terus berinovasi terutama di tengah disrupsi teknologi digital dengan hadirnya Artificial Intelligence (AI).

”Saya berharap AMSI programnya bisa mendorong media kita punya kedaulatan teknologi, kedaulatan digital, inovasi revenue tiada henti agar jangan hanya bergantung pada platform global,” harap Ninik Rahayu.(*)

Tombol Google News

Tags:

AMSI Award AMSI Ketua Dewan Pers Dewan Pers